Rabu, 13 April 2016

[KATALOG KARAKTER] 027 - S.H.A.D.E | THE CLONE

Ilustrasi SHADE oleh RAKAI ASAJU (Coloring/Digitalizing oleh AMUSUK GIANN)
/1/ DATA KARAKTER
Nama Lengkap
:
SHADE (Synthetic Humanoid & Artificial Deformed Entity)
Panggilan/Julukan
:
S, Shade, "makhluk", "benda", 

Di planetnya, SHADE adalah istilah ilmiah untuk menyebut makhluk hasil rekayasa seperti kloning, mutan dan sebangsanya (Hanya semacam penghalusan istilah untuk mutan atau klon)
Profesi/Tipe Petarung
:
Siswa militer kavaleri tingkat dasar, tapi kemampuannya bela dirinya melebihi advanced. Attacker murni.
Jenis Kelamin
:
Laki-laki
Usia
:
Penampilannya berusia 21-25 tahun, tapi ia baru dibangunkan dari tabungnya enam bulan yang lalu.
Ras/Suku
:
Manusia. Meskipun klon, ia tak punya kelebihan apapun selain kemampuan bertarung.

/2/ KARAKTERISASI
Kecenderungan Etika
:
Lawful
Kecenderungan Moral
:
Neutral
Tipe Umum
:
Lawful neutral yang bisa bergerak ke arah chaotic neutral
Sifat yang Menonjol
:
Tidak ekspresif, polos, lugu, tekun dan pendiam. Tidak banyak bicara tapi banyak  mengamati, dan baru bertanya bila ada sesuatu yang ia pertanyakan. Maklum, sebagai kloning, dia harus banyak belajar.

Sulit dibangkitkan emosinya karena masih belajar bagaimana tertawa, menangis, dan memahami perasaan atau interaksi manusia. Ekspresinya netral, tersenyum jarang, tapi cemberut pun tidak. Ia masih asing dengan perasaannya, dan juga awam dengan sifat manusia yang bermacam-macam. Sampai enam bulan lalu, ia hanya tertidur di dalam tabung.      

Shade sebenarnya berotak cerdas, tapi ia kelihatan bodoh dan polos karena sangat tidak berpengalaman.
Hal yang Disukai
:
Gurunya, seorang perempuan bernama Franka Zaitsev, dipanggilnya dengan sebutan "Mrs. Zaitsev" janda dari seorang jendral yang sudah almarhum, yang disukainya diam-diam.
Untuk makanan, ia suka segala macam makanan dan minuman yang terbuat dari bahan susu.  
Hal yang Dibenci
:
Melihat perempuan menangis, ada rasa sesak di dada kalau melihat perempuan menangis. Anehnya, hal itu tidak berlaku untuk laki-laki. 
Contoh Gaya Bicara
:
Biasanya sering bertanya tentang hal-hal baru, terutama tentang perilaku manusia. Ia akan mulai belajar dengan mengamati terlebih dahulu, lalu bertanya, atau membuat kesimpulan. Ia akan bertanya hal-hal yang sering membuatnya kelihatan naif, polos, bahkan sedikit bodoh. Contohnya seperti:
"Mengapa kau melakukan itu?", "Apakah ini ada sebabnya?", "Apakah ini harus dilakukan?"

Setiap orang lain heran mengapa ia bertanya hal-hal remeh, jawaban favoritnya:
"Aku baru dibangunkan enam bulan lalu,"

Dan kadangkala ia membuat kesimpulan pribadi dari sudut pandangnya yang lugu, semisal:
"Sepertinya, seks itu menjijikkan… tapi sepertinya hanya boleh  dilakukan dengan orang yang kita ijinkan melakukannya."


/3/ PENAMPILAN
Tinggi
:
193 cm
Berat
:
78 kg
Deskripsi Fisik
:
Kepala
Kulit coklat muda eksotis seperti campuran ras Timur Tengah dan Eropa. Wajah oval tampan, hidung mancung, warna mata hitam dengan alis melengkung indah. Rambut hitam pendek berantakan, disisir ke belakang. Mengenakan bandana/buff merah bata untuk menutupi sebuah tato yang mirip angka "S" di tengah dahinya. Tidak jelas makna tato tersebut.      

:
Badan
Tegap, tinggi dengan bahu lebar yang kokoh. Perut berotot, atletis. Mengenakan sweater berwarna hitam dengan kerah tinggi menutupi leher, yang warnanya mulai pudar (sepertinya baju bekas, Franka yang memberikan). Mengenakan celana seragam tentara Gaiea berwarna coklat muda. Senjatanya disampirkan di pinggang dalam keadaan pendek. Mengenakan sepatu tentara lapangan khas Proto Gaiea berwarna coklat tua. Kedua pergelangan tangannya mengenakan decker/wrist band berwarna hitam juga.   

Ia memiliki sexual appeal yang cukup menarik perhatian, baik bagi wanita maupun pria, tapi pikirannya masih polos. Image ketampanannya biasanya hancur berantakan begitu ia mulai bertanya hal-hal remeh yang membuatnya kelihatan bodoh, kampungan dan kurang gaul.

Aksesoris Khas
:
Ikat kepala merah bata dan wristband warna hitam.
Senjata
:
collapsible baton: sepasang tongkat tumpul yang dapat memanjang dan memendek. Dalam keadaan pendek, tongkat itu seperti tabung dengan permukaan karet sepanjang 17 cm, sedagkan dalam keadaan panjang, sekitar 60 cm. Untuk memanjangkannya harus dengan gerakan seperti mencambuk.  Terbuat dari logam antikarat kuat, digunakan untuk menangkis atau bertahan, dan juga anti sihir.  Senjata ini ditemukan di dekat tabung tempat ia tertidur selama bertahun-tahun.
Meski hanya tongkat tumpul, kombinasi serangannya bisa menghancurkan tulang, mencabik daging, atau melukai parah titik-titik vital manusia.  
(Collapsible baton ini mirip dengan yang dibawa Mima Shiki Reid di BoR 5)

/4/ KEMAMPUAN
Kemampuan Dasar
:
Bela diri tangan kosong dan menggunakan tongkat pendek (Baton Martil Artistry).
Kedua tangannya sangat cepat dalam memainkan tongkat pendeknya, silih berganti. Ia bisa melakukan gerakan bertahan dan menyerang sekaligus, dan membunuh lawan hanya dengan tongkat.  Semisal senjatanya hilang atau terebut, ia bisa memanfaatkan apa saja yang bisa dipegang untuk dipukulkan, semisal gagang sapu atau atau pel.
(untuk referensi gerakan tangan kosong, bisa melihat Muay Thay atau MMA; sedangkan untuk bela diri tongkat, bisa melihat Arnis atau Baton)
batasan
:
Tidak bisa dilakukan terluka parah atau terbelenggu. Ia tidak bisa menggunakan senjata yang lain, dan sangat payah dalam menembak dan memanah.Selain itu, ia hanya manusia biasa yang bisa mati atau dilukai,  butuh makan dan istirahat.
Kemampuan 1
:
Field analysis: meski naif dan polos, daya pengamatannya sangat cermat terhadap situasi dan kondisi medan tempat ia berada. Ia bisa menyusun taktik pertarungan sederhana yang memanfaatkan medan,  hingga mendeteksi potensi bahaya.
batasan
:
Bila sakit atau terluka parah yang mengharuskan ia istirahat, berbaring atau tak boleh bergerak, kemampuan ini tak bekerja. Demikian juga bila ia terkurung atau terbelenggu inderanya (semisal, pandangannya terhalang), kemampuan ini tak bekerja.
Kemampuan / skill pasif
:
Stationary meditation: kemampuan untuk bersikap pasif, diam, menekan emosi,  menahan sakit, seperti bertapa atau meditasi selama selama berjam-jam. Bila memasuki kondisi ini, ia hanya bicara sedikit, bergerak sedikit, hanya minum sedikit dan tidak makan. Kemampuan ini dikembangkan untuk menghadap kemungkinan ia tertawan pihak lawan, harus menenangkan diri, atau menghemat energi dalam situasi yang tak dikenal atau situasi terluka. Bisa dilakukan dengan berdiri, duduk, atau berbaring.
Batasan skill pasif
:
kemampuan ini hanya akan bertahan paling lama 15 jamIni hanya kemampuan pasif untuk diam atau ber-'hibernasi', bukan kemampuan recovery. Ini juga termasuk skill pasif, bukan skill untuk menyerang, sehingga bila masuk ke mode ini, ia akan mudah dilukai, tapi secara psikologis tidak gampang digoda/diperdaya karena bertahan dalam kondisi pasif. 
ARSAMAGNA
:
belum  
batasan
:
belum
~DOMBA~
:


/5/ KELEMAHAN
Kelemahan Fatal
:
Manusia biasa. Ia akan mati kalau terserang di titik vital atau kehabisan darah. Sangat payah dalam menggunakan senjata jarak jauh seperti panah, pistol, atau pisau lempar. Ia juga naif dan polos, agak gampang dimanfaatkan atau diperdaya. Bukan karena ia bodoh, Shade sebenarnya sangat cerdas, tapi karena ia baru tahu dunia luar sejak enam bulan lalu, Shade masih sangat awam akan sifat jelek manusia. Ia juga tidak bisa berbohong. Kalaupun berbohong, gampang sekali ketahuan.  
Kelemahan Lain
:
Secara psikologis, ia terikat dengan Franka Zaitsev. Bukan seperti hubungan ibu dan anak, tetapi seperti hubungan antara guru dan murid.  Shade menyukai Franka diam-diam, tapi ia sendiri belum paham makna perasaan itu. Lawan yang manipulatif bisa memanfaatkan hal ini.

/6/ LATAR BELAKANG
Semesta Asal
:
Planet Proto Gaiea
Deskripsi Semesta
:
Proto Gaiea adalah sebuah planet koloni manusia. Planet ini mengandung oksigen dan dihuni oleh manusia, yang entah kapan mulai berkoloni secara sistematis di berberapa wilayah hingga kutub.  Gravitasiya 1,005 kali bumi, menjadikannya sebuah tempat ideal untuk ditinggali, kecuali ekologinya yang ekstrim.

Di wilayah ekuator, sebagian wilayah adalah padang pasir yang panas dengan beberapa oase buatan yang sekaligus menjadi pusat ekologi dan peradaban; menjauhi ekuator, pulau-pulaunya terdiri dari permukaan tanah keras seperti kapur berwarna putih keruh. Laut-laut Proto Gaiea juga dangkal dengan kadar garam tinggi, dan dipenuhi makhluk-makhluk ganas yang berdiam di balik lumpur dasar laut yang berwarna coklat muda. Mendekati poros, terdapat pulau-pulau es abadi; suhu merendah melewati titik beku secara radikal, hingga manusia-manusia di wilayah itu harus tinggal di dalam kubah semacam igloo dengan lampu UV buatan. Di wilayah kutub inilah, di sebuah benua es bernama Skursk, di sebuah laboratorium rahasia yang terlarang, Shade tertidur selama bertahun-tahun di dalam tabung.  

Shade dibangunkan dari tidurnya oleh seorang wanita bernama Franka Zaitsev, ketika letupan peperangan yang mengancam Proto Gaiea dimulai. Proto Gaiea menghadapi ancaman ekspansi alien yang disebut SPHERE.


Biografi Singkat
:
Untuk tujuan apa ia diciptakan, oleh siapa, merupakan klon dari siapa, dan mengapa Shade dibangkitkan, masih belum jelas. Franka, wanita yang membangunkannya juga tidak bercerita banyak.  Tapi kemungkinan besar, ia adalah satu dari beberapa tentara kloning yang dibangunkan untuk berjuang mempertahankan Proto Gaiea.

Ia tinggal di sebuah Markas militer besar dimana ia langsung mempelajari ilmu militer sebagai siswa militer dasar. Namun kemampuan Baton Martial Artistry dan bela dirinya sudah bawaan, seolah-olah sudah ada yang memprogramnya dalam otak. Ia juga tdak pernah diijinkan keluar dari markas, sehingga wawasannya masih sangat terbatas.  

Di awal ia berbaur dengan siswa militer, Shade banyak dijadikan sasaran pem-bully-an siswa lainnya, karena ia kloning dan karena dekat dengan salah satu keluarga bangsawan, Franka Zaitsev. Ia memang memiliki satu sesi pembelajaran khusus dengan Franka yang mengajarinya berkomunikasi dan berperilaku layaknya manusia, juga field analysis dan Stationary.  Ia sangat hormat ada Franka dan menyukainya diam-diam, meskipun ia belum paham makna perasaan itu.

Ia bergabung dalam dunia mimpi karena mimpi dan keinginannya yang amat besar untuk mencari identitas meng-intercept jalur mimpi Franka. Seharusnya Franka yang bergabung dalam dunia mimpi, tapi jalur dan kursi Franka tidak sengaja terisi oleh Shade.

Kelemahan lain, karena ia tak pernah melakukan perjalanan, ia masih serig mabuk laut bila berada di atas kendaraan. Maka kemampuannya akan menurun drastis bila harus bertarung di atas kedaraan yang bergerak.
MAHAKARYA
:
Ingin mendapatkan kejelasan tentang jati dirinya, siapa dan untuk apa ia diciptakan. Impian lainnya adalah ingin melindungi dan membuat Franka bahagia.

/SO1/ SUB-OC 1
Nama Sub-OC
:
Mysterious Man


Deskripsi Fisik
:
Tinggi 195 cm, berat 82 kg. Berambut panjang hitam, berkulit sewarna Shade, selalu mengenakan kacamata hitam. Apabila dilepas, matanya berwarna hitam dan tampak bersinar kejam.  
Sifat
:
Sangat pendiam. Tidak banyak bicara, garang. Taktis.  
Korelasi dengan OC
:
Kenalan Franka. Dan akan menjadi salah satu Guru/mentor Shade.
Kemampuan Dasar
:
Kemampuan militer tingkat advanced
Batasan
:
Manusia biasa. Mati bila terluka parah
Kemampuan 1
:
Menembak dengan handgun, akurasi 9.0/10
Batasan
:
Pistolnya hanya terisi 4 magasin masing-masing 24 peluru.Bila lengannya terluka parah, tidak bisa melakukannya
Kemampuan 2
:
Merakit bom
Batasan
:
Hanya bila tersedia bahan-bahan dasarnya di lapangan
Kemampuan 3
:
Tactical combat: bela diri militer yang juga memanfaatkan tipuan, siasat dan improviasi memanfaatkan situasi lingkungan
Batasan
:
Tidak bisa dilakukan bila terluka parah
Kemampuan 4
:

Batasan
:

Kelemahan
:
ia hanya akan muncul setelah entry prelim dan penyisihan. Pada awalnya hanya akan menjadi sebentuk bayangan atau ilusi yang bisa bercakap-cakap dengan Shade, dan nanti entah di entry ke berapa, ia baru mulai mewujud nyata dan secara nyata membantu/mengajari Shade.

/SO1/ SUB-OC 2
Nama Sub-OC
:
Franka Zaitsev
Deskripsi Fisik
:
Rambut cokelat kemerahan, kulih putih, bibir tipis, sangat cantik bagai model. Tingi 173 berat 57 kg. mengenakan seragam tentara resmi 
Sifat
:
Pendiam, empatik, penyabar, feminim, anggun dan tenang, sangat sensitif pada perasaan orang lain, kata-katanya sering menusuk tajam.
Korelasi dengan OC
:
Guru-murid
Kemampuan Dasar
:
Field analysis. Sama seperti kemampuan Shade, namun lebih tinggi levelnya. Franka mampu membuat strategi dengan menggabungkan faktor lingkungan. Medan, dengan sifat-sifat manusia, terutama sifat manusia yang negatif seperti serakah, sombong, takut, dan tinggi hati. Field analysis-nya juga sudah digabungkan dengan kemampuan membaca pikiran lawan-lawannya.
Batasan
:
 Franka tidak bisa bertarung. Ia hanya hadir sebagai sebentuk bayangan atau ilusi yang bisa bercakap-cakap dengan Shade.
Kelemahan
:
Franka hanya hadir sebagai bayangan, ilusi, atau fatamorgana. Ia tidak bisa ikut bertarung. Bantuannya hanya sebatas nasihat, dialog, saran atau usulan kepada Shade.

Franka hadir memperlihatkan diri dalam waktu acak, kebanyakan pada saat Shade sedang sendirian.  

2 komentar:

  1. aw aw kalau menangis nanti bisa dipeluk Shade?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tentu saja.... kalau itu bisa menghapus kesedihanmu

      Hapus

Selamat mengapresiasi~

Tuliskan komentar berupa kesan-kesan, kritik, ataupun saran untuk entri ini. Jangan lupa berikan nilai 1 s.d. 10 sesuai dengan bagus tidaknya entri ini berdasarkan ulasan kalian. Nilai harus bulat, tidak boleh angka desimal. Perlu diingat, ulasan kalian harus menunjukkan kalau kalian benar-benar membaca entri tersebut, bukan sekadar asal komen. Admin berhak menganulir jika merasa komentar kalian menyalahi aturan.

PENTING: Saling mengkritik sangat dianjurkan tapi harus dengan itikad baik. Bukan untuk menjatuhkan peserta lain.