Senin, 18 April 2016

[KATALOG KARAKTER] 038 - IRIS LEMMA | ONE EYED THOUSAND THEOREMS (update)

Ilustrasi Iris Lemma oleh BAKAPO HIRO
/1/ DATA KARAKTER
Nama Lengkap
:
Iris Lemma
Panggilan/Julukan
:
One Eyed Thousand Theorems
Profesi/Tipe Petarung
:
Purwarupa purnaguna
Jenis Kelamin
:
Tidak ada
Usia
:
Tidak diketahui
Ras/Suku
:
Tidak ada

/2/ KARAKTERISASI
Kecenderungan Etika
:
Lawful
Kecenderungan Moral
:
Evil
Tipe Umum
:
Lawful Evil (Dominator)
Sifat yang Menonjol
:
Selalu mengedepankan logika, tidak berperasaan, tidak memiliki standar moral yang sama dengan manusia, kaku namun polos di saat yang sama, enggan melakukan sesuatu yang berlebihan bila ia sudah merasa cukup.
Hal yang Disukai
:
Kejadian-kejadian alam, sesuatu yang jelas proses penciptaannya
Hal yang Dibenci
:
Ketidaktahuan, kontradiksi
Contoh Gaya Bicara
:
"[Nyatakan alasanmu.]"
"[Diterima. Melanjutkan ke sesi interaksi berikutnya.]"
"[Pertanyaan tidak dimengerti. Mencari ulang pernyataan yang sesuai.]"
"[Apa itu 'maaf' dan 'terima kasih'?]"
"[Siapa penciptamu? Siapa penciptaku?]"

/3/ PENAMPILAN
Tinggi
:
210 cm
Berat
:
120 kg (estimasi normal tanpa tambahan perlengkapan)
Deskripsi Fisik
:
Kepala
- Bermata satu dengan nyala merah tanpa mulut, hidung, telinga, atau rambut

:
Badan
- Seluruhnya terbuat dari logam yang relatif ringan namun kuat. Bentuk tubuh menyerupai manusia, lebih spesifik mengambil figur lelaki kekar. Memiliki kabel-kabel yang tersambung ke anggota gerak
Aksesoris Khas
:
Tidak ada
Senjata
:
Apapun yang bisa ia gunakan

/4/ KEMAMPUAN
Kemampuan Dasar
:
 ALPACA system

>Mind of human [Artificial Intelligence]
Dirancang khusus agar menyerupai akal manusia, meski tidak sempurna. Setidaknya, ia adalah mesin yang mampu berpikir sendiri tanpa perintah, mampu berkomunikasi dan mengambil inisiatif, serta mampu menentukan pilihannya sendiri layaknya manusia.

>Power control [Level Limiter]
Dapat mengatur output kekuatan yang ia inginkan, sehingga dapat memberikan sentuhan yang tidak akan menyakiti pada mahluk hidup, atau sebaliknya dapat pula mengeluarkan daya rusak yang luar biasa bila ia menghendakinya.

>Perfect mechanism [Perpetual Motion]
Tidak diketahui apa sebenarnya sumber energi yang menggerakkan dirinya, namun ia tidak pernah terlihat butuh untuk mengkonsumsi apapun agar dirinya tetap 'hidup', kecuali apabila terjadi kerusakan yang memerlukan perbaikan agar ia dapat berfungsi normal kembali.

>High speed logic master [Auto Computer]
Mampu berpikir dengan cepat, dengan waktu reaksi dapat mencapai hingga 10x kecepatan berpikir manusia biasa. Dia juga memiliki database ilmu pengetahuan yang selalu diupdate secara berkala setiap kali ia menemukan sebuah definisi baru.

>Free equipment [Custom Parts]
Mampu mengambil dan menciptakan alat dengan fungsi apapun. Sebagai tambahan, menunjukkan teknologi yang lebih maju darinya tidak akan cukup untuk melampauinya, karena ia akan dengan cepat mempelajari dan mengadaptasikan teknologi tersebut untuk diaplikasikan pada dirinya sendiri.

>Recycle and rebuilt [All Purpose Machinery]
Mampu memperbaiki dirinya sendiri dari nol, selama intinya tidak jatuh ke tangan orang lain. Juga mampu memodifikasi anggota tubuhnya ke berbagai bentuk bila diperlukan.
batasan
:
ALPACA system dapat dengan mudah dikacaukan bila diretas. Sekalipun dalam pertarungan fisik dan mental Iris Lemma adalah lawan yang sulit dikalahkan, ia tidak memiliki sistem pertahanan yang kuat terhadap serangan cyber dan virus digital, ataupun yang tidak bisa dinalar secara natural oleh sensor bawaan yang ia miliki, seperti kejadian supernatural tanpa penjelasan logis.
Kemampuan Pasif
:
Magi ex machina [Mathemagic Metal]
Komponen utama tubuhnya adalah logam hasil perkawinan sains dan sihir yang kuat terhadap berbagai jenis serangan fisik dan mental, serta mampu direplikasi oleh Iris Lemma dari alam bebas secara tidak terbatas
batasan
:
Lemah terhadap panas berlebih, rendaman air yang terlalu lama, serta arus listrik tinggi. Sangat mudah menghantarkan panas dan listrik, serta lebih mudah berkarat dibanding besi biasa
Kemampuan 1
:
Optic blast [Red Line] 
Serangan paling standar dari Iris Lemma. Menembakkan beam laser dari mata dengan daya rusak bervariasi, dari melubangi kecil secara presisi hingga menghancurkan pilar bangunan hingga seluruh bangunan runtuh dalam satu serangan
batasan
:
Hanya menyerang dengan lajur lurus. Bisa dipantulkan dengan cermin. Batas tembakan beruntun hanya hingga 3 kali, setelah itu perlu jeda sebelum tembakan berikutnya
Kemampuan 2
:
Holographic camouflage [Human Skin] [LOCKED]

Iris Lemma mampu menyamarkan diri menjadi wujud manusia yang ia inginkan dengan bantuan hologram.
batasan
:
Hanya dapat mencontoh sosok manusia, tidak dapat menyamarkan diri menjadi bentuk mahluk lain. Selain itu meski dapat memanipulasi penampakan tinggi, ia tidak dapat mengubah berat. Penyamarannya juga dapat dengan mudah dirusak seketika bila menerima serangan apapun, dan siapapun yang menyentuhnya akan segera tahu kalau ia terdiri dari logam alih-alih kulit.
Kemampuan 3
:
Plasma barrier [Personal Space] [LOCKED]

Menciptakan pelindung tak kasat mata. Sekalipun Iris Lemma umumnya mampu menerima berbagai macam serangan, ada kalanya ia perlu meminimalisir kerusakan sehingga digunakanlah fitur pelindung ini.
batasan
:
Membutuhkan energi dan konsentrasi, dan tidak seperti beam laser, barrier ini tidak bersifat spammable karena konstruksinya berasal dari alam bebas dan bukan dilepas dari Iris Lemma sendiri. Bentuk pelindung maksimal seluas 100 meter persegi (bentuk dapat dimanipulasi), dengan ketahanan setara tembok besi dan durasi maksimal 30 detik. Setelah itu tidak akan bisa digunakan sementara waktu untuk 10 menit ke depan.
ARSAMAGNA
:
Impossible equation [Division By Zero] [LOCKED]
????
batasan
:
Imajinasi
~DOMBA~
:
Nimbus
Domba yang dilengkapi dengan jetpack, booster, dan armor besi. Memiliki fitur proyektor hologram dari mata.

/5/ KELEMAHAN
Kelemahan Fatal
:
>I/O Switch
Sebuah saklar yang ia ciptakan sendiri untuk mematikan seluruh fungsi tubuhnya secara temporal, demi mendapatkan pengalaman serupa tidur atau mati pada manusia normal. Saklar ini berada di balik lehernya, terlindungi bagian zirah pada punggung yang menutupi hingga leher. Secara otomatis saklar ini akan mematikan fungsinya selama 1 jam dalam sehari (meski sebenarnya ia tidak memerlukan istirahat seperti mahluk hidup), namun bila dimatikan secara manual di luar jadwal maka dia tidak akan kembali menyala dengan sendirinya. Bila saklar ini tidak dikembalikan ke posisi menyala dalam waktu 24 jam, ia akan meledakkan diri.
Kelemahan Lain
:
>Reasoning Reversal
Apabila lawannya mampu memberikan solusi dari suatu kondisi sehingga tidak memerlukan pertarungan sebagai premis tunggal, maka bisa jadi ia tidak akan merasa perlu untuk bertarung. Bila lawan mengajaknya bertarung dengan argumen alih-alih perkelahian fisik, pun dia akan melayani dengan argumen pula kecuali pada satu titik lawannya memilih untuk berusaha mencederai dirinya, karena ia akan menganggap hal tersebut sebagai ancaman yang harus dilawan balik.

>Paradoxical Error
Serupa dengan poin sebelumnya, namun dengan tambahan lawan mampu menunjukkan kontradiksi dari apa yang ia lakukan, sehingga ia menganggap dirinya sendiri sebagai pihak yang 'salah', maka ia akan berhenti melakukan apa yang ia perbuat saat itu juga.

>Excessive Heat, Wetness, and Electrical Current
Meskipun nyaris kebal terhadap segala macam bentuk serangan, pada dasarnya dia tetaplah mesin dengan kelemahan dasar mesin pada umumnya. Hanya saja meski diserang dengan kelemahannya, bila diberi cukup waktu ia dapat memperbaiki diri sendiri, dan tidak akan benar-benar mati sehancur apapun kerusakan yang ia terima bila intinya tidak dimatikan secara manual.

/6/ LATAR BELAKANG
Semesta Asal
:
Alternate earth
Deskripsi Semesta
:
Dunia yang sudah pernah hancur sekali. Ada yang bilang kehancuran ini disebabkan oleh penyihir ruang dan waktu, ada yang bilang karena serangan alien, ada pula yang mengatakan bumi memiliki kesadaran sendiri dan mengusir mereka yang ada di atasnya.

Yang manapun itu, nyatanya manusia kembali memenuhi 'bumi', seolah kehancuran itu tidak pernah terjadi, toh tidak ada yang tahu persis juga sejarah sebenarnya, maka tidak ada yang memikirkannya.

Dan tidak banyak yang menyadari bahwa bumi kini memiliki dua satelit seukuran 1/4 bumi, dengan komposisi mirip dengan bumi itu sendiri.
Biografi Singkat
:
Pada dasarnya lebih dari sekedar 'robot', ia adalah 'monster' yang menyerupai robot ciptaan manusia. Namun berbeda dengan kebanyakan monster yang tidak memiliki akal dan tidak mengenal bahasa, ia adalah monster yang bisa diajak berlogika. Dengan alasan yang masuk akal, ia tidak akan dengan sengaja mencari perkara atau berbuat kerusakan terhadap orang lain.

Namun logika terkadang begitu menyesatkan, sehingga tak jarang kesalahan kecil dalam percakapan dengannya dapat berujung kehancuran pihak lawan bicara. Meski di dalam kepalanya, apa yang ia lakukan adalah 'benar' sesuai tuntunan algoritma sistem.

Pada umumnya manusia memandang dirinya sebagai entitas 'kejahatan yang diperlukan' (necessary evil). Dengan adanya contoh kejahatan, dunia menjadi seimbang, dan benar-salah menjadi terdefinisi layaknya hitam-putih. Maka berapapun manusia yang ia bunuh dan berapapun negara yang ia hancurkan, secara desain besar itu semua tidak melenceng dari roda perputaran dunia, yang membuatnya terus berjalan.

Ia adalah mesin yang diprogram untuk terus bertanya tentang apapun dan mencari sendiri jawabannya dengan cara apapun. Maka di satu titik, wajarlah jika ia sampai kepada pertanyaan yang senantiasa ditanyakan saat seseorang berbicara tentang hakikat eksistensi.

'Siapa aku?'
'Dari mana aku berasal?'
'Ke mana aku akan menuju?'


/SO1/ SUB-OC 1
Nama Sub-OC
:
Mira Slime
Deskripsi Fisik
:
Wanita berambut pirang pendek dengan balutan gaun dominan warna biru. Selalu membawa payung
Sifat
:
Anggun dan angkuh. Alignment Neutral Evil
Korelasi dengan OC
:
Stalker(?), partner in crime
Kemampuan Dasar
:
Precipitation Parasol ~ prepare the umbrella before it rains

Ketika ia membuka payungnya, maka fenomena air turun dari langit akan terjadi. Bisa berupa gerimis, hujan, hujan es, salju, hingga badai. Ini semua bukanlah ilusi dan benar-benar elemen air asli.

Yang paling mengerikan adalah, tidak ada satupun mahluk hidup yang tidak merasa basah kuyup seketika bila berada di dekatnya. Tanpa terkecuali. Tidak peduli mereka berhati baja atau bertubuh kebal sekalipun.

Perasaan seolah-olah mereka baru saja ditenggelamkan ke relung    perairan yang paling dalam, dan tak pernah merasakan apa artinya sebuah kekeringan. Dan itu artinya mereka akan merasa berat karena pakaian dan apapun yang mereka bawa, dan tak bisa merasakan kulit mereka sendiri karena tak henti-hentinya terbungkus rasa basah.
batasan
:
Harus berada di luar ruangan tertutup (tempat terbuka) yang berhubungan langsung dengan langit
Kelemahan
:
Tempat kering, langit tanpa awan
/SO2/ SUB-OC 2
Nama Sub-OC
:
Alif Lam Mim - The Word God Only Knows
Deskripsi Fisik
:
Tidak punya penampilan pasti, segalanya bergantung pada persepsi siapapun yang berinteraksi dengannya. Hanya saja bentuk apapun yang diambil menurut mata dan telinga orang lain adalah sesuatu yang lumrah, bukan bersifat luar biasa ataupun ganjil bagi akal sehat manusia
Sifat
:
Pribadi yang misterius, namun menyenangkan. Mudah akrab namun juga mudah dilupakan karena terkadang kurang meninggalkan kesan. Mampu diajak berpikir sistematis dan komprehensif, selalu dekat dengan realita meski sering pula membicarakan sesuatu yang gaib
Korelasi dengan OC
:
Antithesis, nemesis
Kemampuan Dasar
:
>[God's Universal Guidance] - The Opener
Mengawali segala sesuatu dengan kalimat yang menuntun pada jalan yang lurus. Ketika berbicara dengannya, secara otomatis lawan bicara akan dibawa ke dalam naungan kubah yang menunjukkan seperti apa kenikmatan dan seperti apa kesesatan dalam hidup
batasan
:
Bersifat absolut hanya bagi diri sendiri, dan relatif bagi mereka yang tidak mengamini dan mengimani. Siapapun dapat dengan bebas keluar dari ikatan dengannya bila mereka memilih untuk tidak mendengarnya lebih lanjut
Kemampuan 1
:
>[God's Ultimate Creation] - The Mankind
Mengambil wujud ciptaan yang paling sempurna, yaitu manusia. Dikatakan pula bahwa sejatinya seluruh alam semesta tidak lebih kompleks dari apa yang menyusun manusia, baik dari apa yang tampak dan tidak tampak secara akal dan pikiran
batasan
:
Wujud manusia yang diambil selalu ideal dan tanpa cacat, juga tidak meniru sosok yang telah ada. Dengan kata lain, meski berwujud manusia, sejatinya siapapun tetap tidak bisa mengenali siapa dia
Kemampuan 2
:
>[God's Ring Structure] - The Cow
Membawakan petunjuk dan penjelasan mengenai hal-hal terkait kepercayaan, pengetahuan, penciptaan, dan aturan yang berlaku secara universal tanpa terikat tempat dan waktu
batasan
:
Karena ia menganggap dirinya tak lebih sebagai penyampai pesan, maka ia tidak pernah memaksakan kehendak kepada lawannya dan membiarkan mereka mengambil atau menolak apapun yang ia sampaikan
Kelemahan
:
>Hawa nafsu yang bersifat menguasai, baik yang berasal dari diri sendiri maupun lingkungan di sekitarnya
>Setan dari golongan jin dan manusia
>Tak dapat menentang apapun yang telah digariskan, baik itu aturan ataupun takdir. Sekalipun bisa disebut sebagai bentuk berserah diri, dalam keadaan tertentu juga bisa berubah menjadi mudah pasrah dan lepas tangan
>Tanpa definisi pasti, ia juga tidak memiliki identitas yang membuat eksistensinya bisa dikenali. Hal ini berarti ia tidak mampu membangun koneksi dengan pihak lain dan selamanya ditakdirkan untuk berdiri sendiri sebagai misteri ilahi
>Sesungguhnya kesempurnaan hanyalah milik yang menciptakan, sementara ia hanyalah mahluk. Sekalipun ia membawa kebenaran dan melakukan apapun dengan benar, dalam prakteknya akan selalu ada kesalahan yang membuatnya tidak sempurna ketika menjalankan sesuatu sebagaimana seharusnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat mengapresiasi~

Tuliskan komentar berupa kesan-kesan, kritik, ataupun saran untuk entri ini. Jangan lupa berikan nilai 1 s.d. 10 sesuai dengan bagus tidaknya entri ini berdasarkan ulasan kalian. Nilai harus bulat, tidak boleh angka desimal. Perlu diingat, ulasan kalian harus menunjukkan kalau kalian benar-benar membaca entri tersebut, bukan sekadar asal komen. Admin berhak menganulir jika merasa komentar kalian menyalahi aturan.

PENTING: Saling mengkritik sangat dianjurkan tapi harus dengan itikad baik. Bukan untuk menjatuhkan peserta lain.