Sabtu, 30 April 2016

[KATALOG KARAKTER] 052 - MARTHA A. DORAPUNZEL | NENEK SELFIE

Ilustrasi Martha oleh DENDI LANJUNG
/1/ DATA KARAKTER
Nama Lengkap
:
Martha A. Dorapunzel
Panggilan/Julukan
:
Nenek Selfie
Profesi/Tipe Petarung
:
Petualang – Bertarung Dengan Berubah Wujud
Jenis Kelamin
:
Perempuan
Usia
:
75
Ras/Suku
:
Manusia Planet Krismon

/2/ KARAKTERISASI
Kecenderungan Etika
:
Neutral
Kecenderungan Moral
:
Good
Tipe Umum
:
Neutral Good (Benefactor)
Sifat yang Menonjol
:
Semangat setiap saat, egois dan keras kepala, susah diatur dan kekanak-kanakan. Foto selfie adalah hobinya.
Hal yang Disukai
:
Berpetualang dan berselfie-ria, superhero, buku gambar dan pelangi.
Hal yang Dibenci
:
Kejahatan dan Hujan.
Contoh Gaya Bicara
:
''Sebelumnya, kita selfie dulu yuk.''
''Hihihihihi~''
''Nenek dari waktu muda udah cantik loh.''

/3/ PENAMPILAN
Tinggi
:
155 cm
Berat
:
40 kg
Deskripsi Fisik
:
Kepala
-      Rambut putih digelung, putih uban tentu saja.
-      Wajah keriput tanpa make up, dan senyum mengembang selalu menghiasi wajahnya.
-      Kacamata baca yang dipasangi tali di kedua frame-nya.

:
Badan
-      Baju favoritnya adalah kemeja putih gading lengan panjang dan celana katun warna biru setinggi betis.
-      Alas kaki yang sering dipakainya adalah sandal jepit.
Aksesoris Khas
:
Tas pinggang berisi loket koin, wadah kacamata, minyak kayu putih dan kartu tanda pengenal yang bertuliskan 'Panti Unicorn Pelangi'.
Senjata
:
Smartphone yang dilengkapi kamera 32MP.

/4/ KEMAMPUAN
Kemampuan Dasar
:
ANTARA ADA DAN TIADA
Entah disengaja atau tidak, tapi si Nenek mampu menghilangkan hawa keberadaannya sendiri. Beliau bisa dengan tiba-tiba berada di dekat kita atau menghilang dari perhatian tanpa kita sadari.
Berkat kemampuannya, banyak yang menyangka si Nenek adalah hantu gentayangan. Kemampuan pasifnya ini bahkan telah mendapat sertifikat SN-YAP2000 dari Badan Siluman Internasional.
batasan
:
Kemampuan silumannya ini tidak akan berfungsi 100% terhadap orang yang memiliki kemampuan stealth lebih tinggi dari si Nenek, contohnya seperti ninja, assassin atau makhluk halus dan sejenisnya.
Kemampuan ini juga tidak akan berfungsi terhadap radar, CCTV atau perangkat elektronik yang dilengkapi sensor pendeteksi.
Kemampuan 1
:
SELFIE TRANSFORMASI I: NENEK ULTRA
Dengan memakai tongsis dan kamera saku, si Nenek bisa berubah menjadi tiga jenis perubahan wujud. Cukup dengan melakukan selfie dan memasang salah satu dari tiga filter aplikasi Kimera di bawah, secara ajaib si nenek mampu bertransformasi.

Filter Batu Merah: si nenek bisa berubah menjadi raksasa cahaya yang dipanggil Nenek Ultra.

NENEK ULTRA
·         Tinggi 40 meter, berat 25.000 kg.
·         Penampilan si nenek tidak berubah, hanya saja tubuhnya menjadi setinggi raksasa. Warna kulitnya berubah perak dengan mata bulat telur berwarna jingga, aksen merah biru menghiasi tubunya layaknya Ultraman.
·         Sangat kuat dan mampu menembakkan Lansium Ray dari kedua tangannya. Efek dari Lansium Ray adalah: mengakibatkan rematik yang cukup parah.
Karakter bawaan Nenek Ultra: Chaotic Neutral (Free Spirit), seperti anak-anak yang selalu ingin bermain.
batasan
:
-          Durasi kemunculannya hanya 1 menit.
-          Karena sifat pemakaiannya yang merusak, si nenek jarang memakainya kecuali kepepet.
-          Berbeda dengan Ultraman, Nenek Ultra tidak bisa terbang.
Kemampuan 2
:
SELFIE TRANSFORMASI II: TAWANI

Filter Gunting Kuning: si nenek berubah menjadi pembasmi kejahatan berjuluk Tawani.

TAWANI
·         Tinggi 155 cm, berat 40 kg.
·         Dalam wujud ini, si nenek berubah menjadi remaja usia 15 tahun, berambut hitam dan bermata coklat. Penampilannya seperti anak skater, memakai kaos ungu dan celana hijau sebetis, lengkap dengan pelindung siku, pelindung lutut, sarung tangan dan sepatu boot berwarna kuning.
·         Lincah dan stamina setara atlet, ahli pengintaian, beladiri, senjata api, dan jenius dalam pertempuran. Selain itu durasi pemakaian Tawani termasuk paling lama, yaitu 2x45menit.
·         Mode ini juga yang paling sering digunakan si nenek karena membuatnya terlihat muda dan cantik.
Karakter bawaan Tawani: Lawful Good (Crusader), sangat serius dan tidak suka bercanda.
batasan
:
-          Sebagai vigilante dia bisa sangat mematikan, tapi Tawani tetaplah seorang gadis remaja, punya rasa punya hati.
-          Walau durasinya lama, tapi ada jeda 10 menit sebagai waktu istirahat. Dalam waktu sepuluh menit itu, tubuh Tawani akan dipaksa menjalani mode tidur.
Kemampuan 3
:
SELFIE TRANSFORMASI III: WADONNA

Filter Kertas Biru: si nenek bisa berubah menjadi penyihir misterius bernama Wadonna.

WADONNA
·         Tinggi 174 cm, berat 50 kg.
·         Penampilannya si nenek mengingatkan kita akan Mak Lampir, buruk rupa dengan suara yang menyeramkan, keriput dan benjolan-kutil menghiasi wajahnya. Pakaian Wadonna serupa gaun peri berwarna biru kelam, lengkap dengan aksesori sayap lalat di punggungnya.
·         Dalam wujud Wadonna, segala kekuatan sihir si nenek muncul. Dari mulai sihir api, es, petir, santet dan segala macam kutukan dikuasai Wadonna.
Karakter bawaan Wadonna: Neutral Evil (Malefactor), sangat narsis dan lebay, melankolis dan mood yang berubah-rubah.
batasan
:
-          Mode ini hampir tak pernah digunakan si nenek karena membuat si nenek tampak jelek.
-          Durasi pemakaian hanya 13 menit.
ARSAMAGNA
:
SUPER-GRANMA [Terkunci]
batasan
:
-
~DOMBA~
:
-

/5/ KELEMAHAN
Kelemahan Fatal
:
Walau punya semangat yang luar biasa, tapi karena dasarnya si nenek sudah lansia, maka jangan terlalu berharap dengan kekuatan fisiknya.
Kelemahan Lain
:
-          Tidak suka bertarung.
-          Sering gagal fokus.
-          Lebih mementingkan hasil foto daripada hal lainnya.
Pada dasarnya si Nenek tidak suka bertarung, beliau lebih suka berpetualang dan mendokumentasikan segala pengalamannya dengan cara selfie. Karena hal itu pula perhatiannya sering teralihkan bila ada hal-hal mengagumkan melintas di hadapannya.

SELFIE TRANSFORMASI memiliki batasan berikut:
-          Setiap mode hanya bisa dipakai 1 kali sehari. Kemampuan Selfie Transformasi sendiri bisa dipakai berulang-ulang, tergantung kekuatan fisik sang pengguna.
-          Selfie Transformasi membutuhkan 3 (TIGA) hal, tubuh pemakai, CA-IO dan smartphone yang sudah dipasang aplikasi Kimera.
-          Karena Selfie Transformasi menggunakan tubuh si Nenek sebagai inang, tentu saja setiap perubahan akan menguras energi si Nenek.
-          Selain itu si nenek tidak akan bisa mengingat apapun yang dilakukannya saat berubah menjadi Nenek Ultra, Tawani atau Wadonna. Semua ingatan yang terjadi saat berubah wujud bergantung pada informasi yang diberikan pihak lain (biasanya oleh CA-IO).

/6/ LATAR BELAKANG
Semesta Asal
:
Pulau Unicorn Pelangi, Indonesia, Earth 347
Deskripsi Semesta
:
Pulau Unicorn Pelangi, atau disingkat PUP, adalah panti jompo yang khusus melayani dan merawat para lansia yang semasa mudanya berprofesi sebagai pahlawan super di zaman kemerdekaan.
PUP terletak di pulau kecil tak jauh dari pantai Kota Jakarta. Alasan penempatan PUP di pulau tersebut karena beberapa lansia berkekuatan super sangat sulit diatur dan dikhawatirkan bisa mengganggu ketertiban umum bila suatu saat mereka memberontak.
Biografi Singkat
:
Saat ditemukan 10 tahun lalu, Nenek Selfie tak memiliki ingatan soal masa lalunya. Beliau hanya mengulang-ulang ucapan, ''Aku harus kembali ke Krismon!''
Akhirnya setelah agak tenang, si Nenek pun ditempatkan di Panti Pelangi dan menjadi sangat menyukai tempat tersebut. Walau begitu hasrat berpetualangnya ternyata lebih besar, si Nenek sempat beberapa kali kabur dari PUP hanya untuk selfie di tempat wisata terkenal.
Satu tahun lalu, di ulang tahunnya yang ke-74, Nenek Selfie mendapat hadiah berupa tongsis berwarna perak yang ajaibnya bisa bicara dan bergerak. Dari sana petualangan barunya pun dmulai.
MAHAKARYA
:
''Kembali ke Planet Krismon''


/SO1/ SUB-OC 1
Nama Sub-OC
:
CA-IO (dipanggil Cahyo)
Deskripsi Fisik
:
Berbentuk seperti tongsis berwarna perak.
Sifat
:
True Neutral (Undecided); mempunyai sifat rendah diri yang amat sangat. Memiliki kecenderungan untuk selalu berharap dibutuhkan orang lain.
Korelasi dengan OC
:
Berperan sebagai katalis sifat si Nenek yang kadang suka seenaknya, CA-IO juga berfungsi sebagai alat perubahan wujud si Nenek.
Kemampuan Dasar
:
TONGSIS DARI MASA DEPAN?
·         Dilengkapi prosesor MAY-4NG, RAM 32GB, CA-OI Memiliki intelegensia setingkat manusia dewasa.
·         Kemampuan bergerak dan melayang di udara.
·         Batang terbuat dari bahan yang ringan namun sangat kuat, bahkan bisa disebut unbreakable.
batasan
:
-      Walau memiliki batang yang sangat kuat, tapi tidak dengan hatinya.
-      Sifat dasarnya yang labil, membuat level bapernya setingkat dewa
-      Kemampuan melayangnya maksimal 50 meter dari permukaan tanah.
Kemampuan 1
:
SELFIE TRANSFORMASI
Dengan mengaktifkan aplikasi Kimera yang ada di smartphone pengguna, dan menekan tombol yang terdapat di batang CA-IO, siapapun orang yang memegangnya akan berubah menjadi entitas yang sesuai dengan filter yang telah dipilih.
batasan
:
-          Setiap mode hanya bisa dipakai 1 kali sehari. Kemampuan Selfie Transformasi sendiri bisa dipakai berulang-ulang, tergantung kekuatan fisik sang pengguna.
-          Selfie Transformasi membutuhkan 3 (TIGA) hal, tubuh pemakai, CA-IO dan smartphone yang sudah dipasang aplikasi Kimera.
-          Karena Selfie Transformasi menggunakan tubuh pengguna sebagai inang, tentu saja setiap perubahan akan menguras energi si pengguna.
-          Selain itu pengguna tidak akan bisa mengingat apapun yang dilakukannya saat. Semua ingatan yang terjadi saat berubah wujud bergantung pada informasi yang diberikan pihak lain (biasanya oleh CA-IO).
Kemampuan 2
:
W-LANSIA
Karena Selfie Transformasi membutuhkan pemasangan aplikasi Kimera di smartphone pengguna, CA-IO pun dilengkapi dengan fitur untuk membagikan aplikasi dan memasang otomatis di smartphone yang bersangkutan.
Aplikasi Kimera sendiri cukup misterius karena bahkan CA-IO sendiri tidak memiliki informasi tentang siapa pembuatnya.
batasan
:
-          Saat proses membagikan aplikasi, CA-IO rentan disusupi virus.
-          Hanya bisa membagikan aplikasi ke satu perangkat per periode transfer.
-          Jarak transfer hanya sejauh 10 meter.
Kelemahan
:
-      Bukan entitas petarung, keberadaan dirinya hanya sebatas alat perubah wujud. Hal ini kadang menurunkan kepercayaan dirinya.
-      Kadang merasa lelah dengan tingkah lalu manusia, dan mudah depresi.
-      Sifat dasarnya yang labil, membuat level bapernya setingkat dewa.

1 komentar:

Selamat mengapresiasi~

Tuliskan komentar berupa kesan-kesan, kritik, ataupun saran untuk entri ini. Jangan lupa berikan nilai 1 s.d. 10 sesuai dengan bagus tidaknya entri ini berdasarkan ulasan kalian. Nilai harus bulat, tidak boleh angka desimal. Perlu diingat, ulasan kalian harus menunjukkan kalau kalian benar-benar membaca entri tersebut, bukan sekadar asal komen. Admin berhak menganulir jika merasa komentar kalian menyalahi aturan.

PENTING: Saling mengkritik sangat dianjurkan tapi harus dengan itikad baik. Bukan untuk menjatuhkan peserta lain.