Minggu, 01 Mei 2016

[KATALOG KARAKTER] 061 - GHOUL (update)

Ilustrasi GHOUL oleh ARIESKA ARIEF

/1/ DATA KARAKTER
Nama Lengkap
:
AA (inisial nama asli)
Panggilan/Julukan
:
GHOUL
Profesi/Tipe Petarung
:
Buronan / bertarung dengan menggunakan ilmu pernapasan
Jenis Kelamin
:
Pemuda belia
Usia
:
Usia dari penampakan fisik: 16-17 tahun & usia mental: 29 tahun
(ttl: 29 Februari)
Ras/Suku
:
Manusia biasa yang kerasukan ruh ghoul 29 Februari (pemakan manusia)
Riwayat penyakit
:
Asma akut (penyakit warisan ruh ghoul 29 Februari yang ditandai dengan rambut memutih).
NB
:
Ruh ghoul dalam tubuhnya bisa membuatnya beregenerasi dengan baik. 

/2/ KARAKTERISASI
Kecenderungan Etika
:
Chaotic
Kecenderungan Moral
:
Good
Tipe Umum
:
Chaotic-good (rebel)
Sifat yang Menonjol
:
Sikapnya lebih dewasa daripada anak remaja sebayanya yang meledak-ledak, kalem, pendiam (irit bicara), tertutup, pemurung (kalau menangis dalam hati saja, jadi hampir tak pernah menitikkan air mata), tak ingin menyerah menjadi orang yang manusiawi meski situasi memaksanya bertarung, penyabar, penyayang, ngotot (keras kepala), nekat mengambil jalan yang bisa saja membuatnya mampus, pengampun (terhadap musuh-musuhnya dengan dibiarkan hidup dan lari), penolong (meski itu musuhnya), sensitif (terutama kalau membahas ulang tahunnya pada tanggal 29 Februari, dia bisa meledak-ledak tak karuan), mudah iba/ tersentuh, sopan dll.
(intinya: sebenarnya baik hati dan berhati lembut meski tampak kasar secara penampilan dan wajahnya sangar, plus sorot mata tajam menakutkan).
Hal yang Disukai
:
-      Api
-      udara segar
-      darah
-      teman (meski musuh pun dianggap "teman")
-      pasir tanah airnya (abu ruh ghoul yang dulu dibakar) karena bisa menjadi obat luka-lukanya
-      bermain sepak bola api
-      pendidikan / ilmu
-      baca buku
Hal yang Dibenci
:
-      Anjing (karena penciumannya sangat peka terhadap anak kelahiran 29 Februari. Jadi para pemburu hadiah biasanya menggunakan anjing untuk melacak dan memburunya)
-      Para pemburu hadiah yang tak kenal ampun memburunya dengan keji
-      hal yang setengah-setengah (misalnya kalau dia mau dibunuh, tapi hanya bisa membuatnya sekarat saja)
-      kegelapan total
-      ruang hampa udara
-      ruh ghoul 29 Februari dalam tubuhnya yang dia sendiri tak tahu bagaimana cara melenyapkannya selain mati (karena ruh itu selalu mengambil napas orang lain secara otomatis ketika tubuhnya membutuhkan kuota udara meski di luar keinginannya)
-      sifat beringas sahabatnya yang suka membunuh—Shui.
-      Rasa kesepian karena tak ada yang mau berteman dengannya
-      Khilaf tingkat tingginya kala murka.
-      Orang yang buang sampah sembarangan (karena tiap ia ultah, orang-orang malah buang sampah di pekarangan rumahnya sebagai tradisi menolak bala / kado ultahnya)
-      Asap rokok
-      Torakoplasti
-      Asma akut yang kambuh sewaktu-waktu
-      tanggal 29 FEBRUARI (hari ultahnya sendiri)
Contoh Gaya Bicara
:
"Jangan setengah-setengah, Kawan! Segera tutup pertarungan ini atau akan kututup usiamu sekarang juga," ujar Ghoul lemah (dengan napas terengah-engah karena sekarat dibantai musuh).

"Bagaimana aku bisa kabur bersamamu setelah kau baru saja mematahkan kakiku tadi, Kawan?" (setelah bertarung dengan musuh yang selalu dianggapnya kawan).

"Kau baik-baik saja, Kawan?" tanyanya dengan nada cemas setelah Mahesa terengah-engah karena kelelahan memukulinya sampai babak belur dan berlumuran darah (padahal dirinya sendiri yang lebih kesakitan karena tak melakukan perlawanan dan hanya bisa menerima. Mungkin karena ia bisa beregenerasi dengan baik memulihkan tubuhnya, makanya ia jadi lebih memperhatikan orang lain ketimbang dirinya sendiri).

"Rupanya kawan-kawan pemburu hadiah itu sedang membutuhkanku (memburuku)," gumamnya lesu setelah melihat gambar buronannya dipasang di mana-mana. "Semoga berhasil, Kawan! Aku jadi penasaran kepada siapa nantinya kepalaku ini akan jatuh."

(Catchphrase: Menyebut sapaan "kawan" meskipun orang itu musuhnya—mungkin karena saking kesepiannya dia tanpa teman karena banyak orang menghindarinya karena takut. Dalam hati sebenarnya ia tak pernah memusuhi orang lain).

"Dunia ini kejam! Tak apa jika mereka ingin melenyapkanku. Aku sendiri tak pernah minta untuk lahir ke dunia, apalagi pada tanggal terkutuk yang membuat usiaku bertambah tiap 4 tahun sekali itu. Aku tak perlu lama-lama membela diri. Aku benar-benar sudah capek. Tapi sebelum itu, aku ingin tahu siapa nama asliku dari mulut ibu kandungku sendiri. Mungkin itu kedengarannya seperti alasan konyol untuk menunda-nunda eksekusi matiku. Tapi apa aku salah jika berharap nama yang tertera di akte kematian dan papan nisanku nanti adalah nama asliku sendiri?" Ghoul mengeluarkan uneg-unegnya sambil menenggelamkan wajahnya dalam-dalam dan mengepalkan tangan (menangis dalam hati).

"Aku benci tahun ini karena aku akan berulang tahun tiap 4 tahun sekali!" seru Ghoul berang. "Aku benci ulang tahunku! Dan aku lega tak akan melihat tanggal terkutuk ini lagi tahun depan hingga 4 tahun kemudian. Apalah artinya pesta ulang tahun?! Apa itu kue ulang tahun?! Apa itu kado ulang tahun?! Surprise?! Cuih! Begitu kawan-kawan tahu aku berulang tahun hari ini, mereka pasti akan membantaiku!" (adegan curhat sambil marah-marah).


Seiyuu
:
Shawn Yue (nada suara selalu rendah & cool mengintimidasi, serak-serak basah khas gaya bicara anak berandalan. Tapi kalau sudah teriak-teriak / marah, terdengar begitu bertenaga).

/3/ PENAMPILAN
Tinggi
:
169 cm
Berat
:
55 kg (karena diburu terus, stres, kurang tidur, kelaparan, kepikiran, mengembara, dan bertarung terus-menerus).
Deskripsi Fisik
:
Kepala
-      Rambut kuning (pirang) kusam, kucel, lepek, acak-acakan, tak terawat, bau matahari, & agak gondrong tak beraturan di bagian poninya (rambutnya ia samarkan dengan arang hitam dari tangannya sebagai penyamarannya hingga warnanya menjadi pirang kehitaman. Tapi bisa luntur kalo hujan atau kena air).
-      Mata merah tajam dengan luka gores di mata kirinya (tanda lahir 29 Februari). Tapi sorot matanya selalu tampak sendu & redup (kalau tidak sedang tegang/bertarung).
-      Bekas luka bakar di bagian wajah sebelah kanan (yang selalu ditutupi poninya).

:
Badan
-      Pakaian napi abu-abu kucel-dekil dengan bekas noda darah di mana-mana.
-      Ujung lengan baju dan celananya compang-camping & terdapat bekas sobek di mana-mana jadi kayak gelandangan.
-      Bertelanjang kaki (tak pernah mengenakan alas kaki).
-      Telapak tangan dan kakinya kasar serta kehitaman karena arang.
-      (pakaiannya akan jadi lebih rapi saat menyamar dengan model rompi hitam tanpa lengan-tak berkancing dan celana jins hitam serta bertudung (hoodie). Diberi sepatu, tapi dia tak betah memakainya dan lebih suka bertelanjang kaki).

(update)
krn rompix ditelan air asam, diberi baju baru berupa jaket hoodie lengan pendek tampak santai kyk baju kaos hijau
Asesori tambahan: perban yg melingkar di lengan kanan atas , perban di lengan kiri bawah, dan di perut. 
Aksesoris Khas
:
Gelang borgol masih menghiasi kedua pergelangan tangan dan kakinya dengan sisa-sisa rantai borgol pendek di ujungnya. (tak bisa dilepas gelang borgolnya, seolah seperti segel yang dikunci mati meskipun ia tengah menyamar. Seolah telah melekat di kulitnya. Hanya sisa-sisa rantainya saja yang bisa dibuang, jadi dilihat seolah seperti gelang biasa).
Senjata
:
Pisau milik Pendeta Pokiel

/4/ KEMAMPUAN
Kemampuan Dasar
:
Menguasai ilmu pernapasan:

-      Baik itu cara bernapas hewan (misalnya agar bisa berlari dengan cepat melakukan cara bernapas kuda saat berlari dll)
-      atau yang lainnya (misalnya cara bernapas agar tak tidur selama beberapa malam demi melindungi dirinya sendiri saat lengah dll).
-      Meniru pernapasan orang-orang tertentu yang dianggapnya memiliki napas yang nikmat (misalnya agar bisa meniru jurus musuh, dia akan meniru cara bernapas targetnya ketika bertarung menggunakan jurus itu dan harus menyamainya di waktu yang sama agar target mengalami sesak napas ringan saja atau sampai targetnya pingsan, tapi tak sampai mati). Caranya ia akan berada di sekitar targetnya dan prosesnya akan berlangsung jika target bernapas di dekatnya (selama masih dalam penglihatannya), kemudian ia pun menirunya sampai targetnya sesak napas.
-      Fatalnya ia bisa juga meniru cara bernapas yang diinginkannya dari target (dalam kondisi apa saja) dengan menahan napas. Kalau sudah menahan napas, maka target bisa mati karena tak bisa bernapas (alias target yang akhirnya mengikuti cara bernapasnya saat menahan napas). Ia bisa menahan napas selama apa pun itu sampai targetnya mati, baru dia bisa bernapas normal (tapi jurus berbahaya ini hampir tak pernah digunakannya. Dia melakukannya saat marah besar saja, itu pun sudah khilaf tingkat tinggi. Jadi jangan pernah membuatnya marah!)

batasan
:
-      Kalau proses pernapasan hewannya tak dilakukan secara detail atau tak sampai selesai, maka ilmunya akan gagal.
-      Cara bernapas lainnya memiliki jangka waktu tertentu. Misalnya cara bernapas begadang selama beberapa malam (misalnya 3 malam saja) cukup menguras kuota udaranya dengan gejala sesak napas ringan hingga ia pun menghentikannya dan agar bisa pulih ia pun harus tidur.
-      Jika target menahan napas, maka proses meniru napas akan gagal atau jika targetnya sembunyi.
-      Kalau sudah khilaf habis-habisan, sampai saat ini belum ada yang mengetahui kelemahannya!
Kemampuan pasif
:
Pembauran Napas
Karena dirasuki oleh ruh ghoul 29 Februari, tiap asma akutnya kambuh, akan bisa dipulihkan jika napas korban berbaur dengan napasnya (jadi napasnya di udara seolah menjadi tali yang menyeret napas korban di udara hingga masuk semua ke dalam paru-parunya). Maka napas korban akan tertarik secara otomatis hingga korban menjadi sesak napas dari ringan, berat sampai akhirnya tak bisa bernapas lagi (mati!). Hal ini bisa dilakukan jika dia mendekatkan hidungnya dengan hidung korban. Namun karena otomatis, sebenarnya dia sendiri tak pernah berniat membunuh orang. Semuanya terjadi di luar kemauannya seperti halnya reaksi tubuh imun. (tapi lain lagi ceritanya kalau disengaja! Meski rata-rata sih terjadi secara otomatis.)
(nb: ruh ghoul ini juga bisa mencuri napas untuknya dalam jumlah yang banyak dalam kobaran api. Misalnya dalam kebakaran)
batasan
:
Kalau calon korbannya menahan napas, maka proses pengambilan napas akan gagal.
Kemampuan 1
:
Teknik Api

>Contoh penggunaan (1): 
Bisa membuat api di kedua tangannya (untuk bertarung, membuat cahaya di ruang gelap, memasak, bikin api unggun, nyalain lilin saat PLN mati dll).
Kalau melangkah, kadang bisa menimbulkan jejak berupa kobaran api kecil (khusus yang ini tak terkendali. Mungkin karena baper?).
Tak mempan padam disiram air.

>Contoh penggunaan (2):
Ia lebih memilih untuk membakar kedua telapak tangan dan telapak kakinya di pertarungan dengan melumurinya terlebih dahulu dengan pasir tanah airnya (abu jasad ghoul yang dulu dibakar habis).
Tak mempan padam disiram air.
Tak butuh kuota udara jika persediaan apinya ada.

>Contoh penggunaan (3):
Bisa memindahkan api dari tangan atau kakinya ke benda lainnya agar irit kuota udara (membakar).
Ia juga bisa memegang benda yang berapi-api di tangannya dan tahan pukulan dari benda berapi.
batasan
:
>Contoh penggunaan (1):
Namun untuk bisa membuat api, menguras banyak slot (kuota) udara dalam tubuhnya hingga dalam berkisar seminggu ke depan asma akutnya bisa kambuh lagi. Tergantung pemakaiannya, jika api yang dibuatnya besar (untuk bertarung), bisa jadi 2-3 hari ke depan asma akutnya kambuh dan ia harus berburu napas lagi. Jika api yang dibuatnya kecil (untuk membuat cahaya dll di ujung jari telunjuknya saja) dan pemakaiannya tak begitu lama, paling tahan 2 minggu dan ia akan sesak lagi.
Api padam di ruang hampa udara!

>Contoh penggunaan (2):
Api akan padam di ruang hampa udara!!

>Contoh penggunaan (3):
Tapi api kan akan padam di ruang hampa udara!!!
ARSAMAGNA
:
:=(D (tiap ultah, kekuatannya bertambah) (???)
batasan
:
~DOMBA~
:
Buckazy

/5/ KELEMAHAN
Kelemahan Fatal
:
HAMPA UDARA: mematikan!
-      Kalau di ruang hampa udara, secara otomatis ia tak bisa bernapas apalagi mengeluarkan jurus pernapasannya.
-      Tentu saja ia juga tak bakal bisa membuat api karena slot udaranya kurang dan api tak bisa menyala di ruang hampa udara.
Kelemahan Lain
:
GELAP TOTAL: Jika berada di tempat gelap total, maka asmanya akan kambuh, kecuali jika ia membuat api di tangannya meski akan membuat kuota udara di tubuhnya menipis.
… ASMA AKUT (penyakit warisan ruh ghoul 29 Februari) akan kambuh misalnya setelah bertarung habis-habisan, kehabisan darah, kelelahan, sakit dll (rambutnya bisa memutih).

/6/ LATAR BELAKANG
Semesta Asal
:
DISTRIK KABUT ASAP tempat kelahirannya & Underground City of Genocide adalah nama wilayah penjara tempatnya ditahan—masih berada di Distrik Kabut Asap juga (kayak Nusa Kambangan begitu loh). Dulunya distrik ini bernama Underground City of Genocide, mengingat dulu di tempat ini banyak orang mati dimakan oleh si pemakan mayat (ghoul), namun setelah ghoul itu dibakar habis maka distrik itu dijuluki Distrik Kabut Asap karena asap bekas pembakaran ghoul itu masih tersisa.
Deskripsi Semesta
:
Distrik Kabut Asap adalah wilayah yang dikutuk oleh ghoul yang pernah dibakar hidup-hidup oleh massa di sana ratusan tahun yang lalu, pada tanggal 29 Februari (dulu nama daerah ini Underground City of Genocide karena dikenal sebagai tempat pembantaian oleh ghoul itu).

Wilayah ini terus berkabut asap meski sudah tipis karena sudah lama dan hal ini terjadi karena proses pembakaran ghoul itu masih terus berlangsung hingga saat ini (saking susahnya habis dibakar, kayak plastik aja). Makanya sinar mentari tampak redup sinarnya dari wilayah ini.

Tanahnya berupa pasir selembut bedak bayi dan itu sebenarnya merupakan abu pembakaran ghoul itu, kecuali di bagian kotanya yang sudah beraspal.

Karena ghoul 29 Februari dibakar di tepi hutan, maka pohon-pohon di sana masih ada yang terbakar namun tak habis-habis. Tanah pasir di sekitarnya pun terdapat api-api kecil di celah-celahnya (Ghoul bisa melangkah dengan tenang di tanah pasir itu dengan telanjang kaki).
Biografi Singkat
:
GHOUL merupakan tokoh protagonis (tokoh positif) dalam storyboard (neimu) NAMAE NO NAI KAIBUTSU (No Name). Ghoul hanya nama julukannya saja karena nama aslinya masih misteri. Karena lahir pada tanggal 29 Februari, ia dirasuki arwah ghoul yang membagi ruhnya (kekuatan) pada setiap anak yang lahir pada tanggal itu di Distrik Kabut Asap untuk balas dendam. Tiap anak yang lahir pada tanggal 29 Februari akan dikucilkan bahkan dibantai seperti tikus jika membahayakan penduduk. Mereka akan dijauhi dan ditakuti serta tak ada yang mau berurusan dengannya. Makanya Ghoul tak punya teman dan selalu kesepian. Namun setelah jadi buronan, ia jadi terkenal di mata para pemburu hadiah. Ia diburu habis, padahal masih banyak orang kelahiran 29 Februari yang berkeliaran bebas dan lebih jahat daripada kekhilafannya.

(nb: tiap ultah, maka kekuatan ruh dalam tubuhnya akan bertambah kuat. Kalau penyakit asmanya kambuh, maka rambutnya akan kehilangan pigmen warnanya secara perlahan alias memutih. Kalau mati karena asma, akan mati dengan rambut memutih. Begitu pun dengan para korban yang diambil napasnya sampai mati, akan mati dengan rambut memutih)
MAHAKARYA
:
Ghoul ingin mencari ibu kandungnya untuk mencari tahu siapa nama aslinya yang sebenarnya karena ia ingin di akte kematian dan papan nisannya kelak tertulis nama aslinya, bukan nama julukannya sebagai Ghoul. Oleh karena itulah ia selalu melarikan diri dari penjara dan pemburu hadiah karena tak ingin dihukum mati sebagai ghoul: itulah alasan terakhirnya di dunia ini!

"Aku masih niat untuk hidup lebih lama lagi agar bisa mengalahkan impian orang-orang yang ingin menghancurkan impianku!"

SUB-OC 1
/SO1/ SUB-OC 1
Nama Sub-OC
:
Shui
Jenis kelamin
:
Pemuda belia
Tanggal lahir
:
29 Februari
Tinggi & berat badan
:
170 cm & 58 kg.
Deskripsi Fisik
:
Rambut pirang kehijauan yang tampak selalu basah, wajah agak kusam, warna kedua mata hijaunya tak sama cerahnya, ada bekas noda darah di mata sebelah kirinya (identitas kelahiran 29 Februari alias tanda lahir), selalu memegang rokok. Wajah selalu tampak santai.
(nb: jika ia mengalami sesak napas, maka kulit wajahnya akan terlihat seperti boneka porselen yang retak-retak. Makanya wajahnya agak kusam dan ada bekas guratannya).
Sifat
:
Jahat, santai meski sudah membunuh (baginya membunuh orang itu sudah seperti menyembelih ayam untuk dimakan, jadi tak merasa berdosa). Meski jahat, tapi sebenarnya ia bermaksud baik dengan membantu Ghoul membunuh agar bisa menyerap napas korbannya, meski Ghoul tak menginginkannya. Karena kesamaan tanggal lahir, makanya ia ingin membantu Ghoul. Tak segan membunuh orang saking terbiasanya!
(Ketagihan membunuh = ketagihan nikotin rokok.)
Korelasi dengan OC
:
Alhamdulillah, teman dekat sih tapi lama-lama… (hm Shui sahabat pertama buat Ghoul, makanya jadi serba salah! Bagi Ghoul, Shui itu sangat berharga dan ia sangat menyayangi sahabatnya ini, tapi di satu sisi ia sangat benci sifat buas Shui hingga tak ragu melawannya dan tak jarang mereka bertarung di sela-sela perjalanan, meski pada akhirnya berbaikan lagi. Tapi karena segan selalu dinasehati, Shui diam-diam tetap membunuh!).
Kemampuan Dasar
:
Teknik Bertarung
Ia sebenarnya bukan tipe petarung. Ia hanya membutuhkan napas dari buruannya dengan cara membunuh orang dengan cara apa saja, kemudian membakarnya dengan pematik yang selalu dibawanya dan ia membakar sumbu rokoknya dengan api dari pembakaran mayat itu agar bisa menambah kuota udara di tubuhnya. Ia pun mengisap rokoknya karena sudah menjadi pecandu berat.
batasan
:
Hal ini akan gagal jika korbannya ternyata belum mati & ia hanya ia bisa menambah kuota udara di tubuhnya dengan cara merokok dengan merek apa saja. Jika rokok itu tak ada, maka fatal!
Kemampuan 1
:
Membuat Senjata Tajam
Ia bisa membuat senjata dari abu rokoknya: ia bubuhi abu rokok di telapak tangannya, kemudian ia tinggal membayangkan senjata apa yang bisa dibentuknya, misalnya pisau.
batasan
:
Tergantung banyaknya abu rokok. Kalau sedikit, paling hasilnya jadi belati, tapi kalau abu rokoknya lebih banyak lagi, bisa buat pedang pendek. (tak bisa buat selain senjata tajam seperti pistol dkk).
Kelemahan
:
ia harus selalu membawa-bawa pematik api dan rokok sebagai barang pokoknya. Kalau gak ada, maka ia akan kebakaran jenggot!

SUB-OC 2
/SO1/ SUB-OC 2
Nama Sub-OC
:
Sunny
Jenis kelamin
:
Pemuda belia
Tanggal lahir
:
29 Februari (tapi di luar Distrik Kabut Asap alias di luar negeri).
Tinggi & berat badan
:
169,5 cm & 56 kg.
Deskripsi Fisik
:
Rambut ungu dengan model rambut culun, bertopi, mata biru besar, berwajah manis (tapi setelah berubah dan meminta kekuatan pada ruh ghoul di hutan di mana ghoul itu dibakar melalui sebuah ritual khusus, penampilan culunnya berubah. Ia mengenakan pakaian serba hitam, raut wajah manis dan culunnya menjadi dingin, dan mengenakan topeng setengah di bagian wajah kirinya untuk menutupi tanda sebagai tanda serah-terima).
Sifat
:
Dulunya sih culun, penakut, cengeng. Tapi setelah diberi kekuatan ghoul karena ia lahir pada tanggal 29 Februari, sifatnya berubah menjadi dingin, kejam, dan tanpa ampun.
Korelasi dengan OC
:
Musuh sih, tapi lama-lama…
Kemampuan Dasar
:
Bertarung dengan cambuk rantai
Ia hanya manusia biasa yang awalnya tak terpengaruh kekuasaan ruh ghoul 29 Februari karena ia tak lahir di Distrik Kabut Asap yang dikutuk itu. Ia hanya pemburu hadiah yang mengincar Ghoul dengan senjata cambuk rantainya di mana jika cambuk rantai itu membelit leher target, maka napasnya akan terisap di sepanjang rantai itu dengan ditandai dengan perubahan warna pada rantai menjadi warna merah darah yang kemudian menjalar hingga ke gagangnya yang berarti semua napasnya sudah berhasil diambil hingga target pun mati dan cambuk rantainya kembali berwarna semula. Cambuk rantai ini pula bisa memindahkan napas yang direbut Ghoul ke korban ataukah orang lain hingga membuat orang mati bisa hidup kembali.

Nb: cambuk rantai ini senjata lamanya tapi dimodifikasi oleh kekuatan ruh ghoul setelah ritual serah-terima itu. Hanya itu saja kemampuannya karena Sunny tak membutuhkan kuota udara berhubung ia tak mewarisi penyakit asma akut ruh ghoul 29 Februari itu karena ia tak lahir di Distrik Kabut Asap. Maka fungsi senjatanya ini bukanlah untuk mencuri napas.
batasan
:
Kalau cambuk rantai ini diputus melewati perubahan warna merah menuju gagangnya, maka proses pengambilan napas gagal.
Kelemahan
:
Jika topengnya diremukkan, maka ia akan kembali ke sifat semula yang culun dan polos.
(nb: topeng itu sebenarnya terbuat dari abu ruh ghoul 29 Februari).

3 komentar:

  1. Wah, fellow smoker. Tapi btw masih gagal paham sama semua hal soal nafas itu sih ._.

    BalasHapus
  2. Wah Sunny ultah 4 taun sekali

    BalasHapus
  3. jurus napasnya pernah dipake di FBC kok :=(D

    semuanya ultah 29 Februari :=(O

    BalasHapus

Selamat mengapresiasi~

Tuliskan komentar berupa kesan-kesan, kritik, ataupun saran untuk entri ini. Jangan lupa berikan nilai 1 s.d. 10 sesuai dengan bagus tidaknya entri ini berdasarkan ulasan kalian. Nilai harus bulat, tidak boleh angka desimal. Perlu diingat, ulasan kalian harus menunjukkan kalau kalian benar-benar membaca entri tersebut, bukan sekadar asal komen. Admin berhak menganulir jika merasa komentar kalian menyalahi aturan.

PENTING: Saling mengkritik sangat dianjurkan tapi harus dengan itikad baik. Bukan untuk menjatuhkan peserta lain.