Minggu, 01 Mei 2016

[KATALOG KARAKTER] 063 - NAZHME KAIKHAZ | PEKAKAK DARI LANGIT

Ilustrasi Naz oleh ARYO BUDI P.
/1/ DATA KARAKTER
Nama Lengkap
:
Nazhme Kaikhaz
Panggilan/Julukan
:
Naz/"Halathir Elello" (lit. Raja-udang/Pekakak dari Langit)
Profesi/Tipe Petarung
:
Finesse-type Fishing Fighter
Jenis Kelamin
:
Perempuan
Usia
:
170
Ras/Suku
:
High Elf

/2/ KARAKTERISASI
Kecenderungan Etika
:
Chaotic
Kecenderungan Moral
:
Neutral
Tipe Umum
:
Free Spirit
Sifat yang Menonjol
:
Cinta alam bebas, kalem, mudah melantur
Hal yang Disukai
:
Berkelana, alam yang belum tersentuh peradaban, ikan yang melawan di ujung joran
Hal yang Dibenci
:
Kerakusan, foya-foya, alam yang rusak, badan air yang ikannya sudah habis ditangkapi
Contoh Gaya Bicara
:
"Hmm? Oh, jarang ada yang berkelana sampai ke sungai ini. Apakah kau ke sini untuk mengejar Salvelin Punggung-Perak juga? Tidak? Ah… sayang sekali. Mereka melawan begitu keras, seperti dalam puisi gubahan Aedhel sang Angin Timur…"

/3/ PENAMPILAN
Tinggi
:
167 cm
Berat
:
65 kg
Deskripsi Fisik
:
Kepala
-      Wajah Nazhme agak membulat dibandingkan kebanyakan elf lainnya yang mempunyai wajah lonjong dan lancip. Kulit wajah sang gadis lebih gelap dari elf kebanyakan, dilengkapi oleh rambut lurus pirang sedikit lewat sebahu dengan semburat kehijauan yang biasanya diikat ekor kuda. Mata Nazhme cenderung membulat dibandingkan dengan lazimnya elf yang lancip; iris mata sang gadis berwarna hijau daun. Daun telinga lancip yang menjadi kekhasan ras elf juga dimiliki Nazhme, hanya saja ujung atas daun telinga kanan sang gadis terpotong dalam sebuah pertarungan melawan seorang master Elello dari selatan. Sehari-hari, sang gadis tidaklah menonjol dibanding kebanyakan anggota masyarakat namun untuk ukuran High Elf Nazhme terbilang dekil dan tidak memperhatikan penampilan.

:
Badan
-      Nazhme lebih berotot dari kebanyakan elf seusianya, karena tempaan ilmu bela diri yang disambung kehidupan di alam bebas yang cukup berat. Otot-otot tempaan alam dan bela diri ini paling terlihat di tangan sang gadis yang jarang tertutup lengan baju. Kulit lengannya ini juga berwarna agak gelap akibat sengatan matahari yang seringkali ia terima saat memancing. Telapak tangan dan kaki Nazhme juga banyak dihiasi penebalan kulit (kapal) karena gaya hidupnya yang keras. Sehari-hari, sang gadis dibalut pakaian petualang tanpa lengan, celana kulit, dan sepatu bot setinggi lutut. Sebuah tas ransel magis berisi suplai dan perlengkapan berkemah melengkapi penampilan sang gadis.
Aksesoris Khas
:
Dua anting yang terbuat dari pintalan bulu burung puyuh, yang kanan berwarna cokelat terang sementara yang kiri berwarna belang merah dan oranye.
Senjata
:
Joran Pancing masterwork
Seperangkat joran pancing berukir indah, hadiah dari sang guru ketika Nazhme menyelesaikan tantangan terakhir darinya. Joran ini panjangnya sekitar 2,5 meter dan terbuat dari campuran logam rahasia yang hanya diketahui seorang master pandai besi. Joran ini dapat berubah kelenturannya bila dialiri tenaga dalam, dan mempunyai ujung serupa tombak yang tersembunyi di bagian pangkalnya.

Benang Pancing
Dua kelos benang yang telah dimantrai, sehingga tak akan pernah habis selama 'diberi makan' dan digunakan secara hati-hati. Kelos pertama adalah hadiah dari sang guru, sementara kelos kedua didapatkan Nazhme sebagai hadiah setelah memenangkan pertarungan dengan seorang raja barbar yang merusak hutan para High Elf. Nazhme dapat menentukan berapa panjang benang yang ia pakai, dan benang itu akan putus dengan sendirinya dari kelos sebanyak panjang tersebut.
Kelos pertama berisi benang ringan putih sutera laba-laba yang digunakan oleh Nazhme untuk keperluan memancing sehari-hari. Benang ini bersifat lentur, ringan, dan sulit dilihat ikan di dalam air. Benang ini dapat menahan beban kira-kira sebanyak berat badan Nazhme sebelum putus.
Kelos kedua berisi benang logam yang terbuat dari jalinan mithril yang hanya digunakan Nazhme dalam keadaan tertentu saja. Benang ini lebih kaku dibanding benang pertama namun sangat kuat. Bahkan Nazhme tidak begitu mengetahui berapa banyak beban yang dapat membuat benang ini putus di luar kelos.

Mata Kail masterwork
Sebagai ujung tombak dari perlengkapan kailnya, Nazhme mempunyai koleksi berbagai macam mata kail yang dikumpulkannya selama berkelana. Kebanyakan mata kail ini berbentuk standar dan terbuat dari baja tempaan pandai besi lokal, namun untuk keadaan tempur Nazhme mempunyai kail berbentuk unik dengan bahan yang khusus pula.

Pisau Bowie
Pisau baja serba guna yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Sudah beberapa kali diganti, dan bukan senjata khusus yang disayangi oleh Nazhme walau bisa digunakan dalam keadaan terpaksa.

Panci Adamantine
Sebuah panci penggorengan dengan diameter sekitar 22 sentimeter yang didapatkan Nazhme dengan memenangkan sebuah kejuaraan bela diri di sebuah kota pandai besi. Gagang panci ini dapat melipat dan mengubah fungsinya menjadi perisai kecil (buckler). Karena terbuat dari adamantine, panci ini dapat menyebarkan panas api dengan sangat merata, walaupun dari luar terlihat seperti penggorengan tua biasa.

/4/ KEMAMPUAN
Kemampuan Dasar
:
Elello
Ini adalah nama ilmu bela diri yang dipelajari Nazhme dari Yadhaor, guru pamungkas bela dirinya. Secara harfiah, frase ini berarti 'Dari Langit'. Pengguna Elello mempunyai senjata yang unik yaitu seperangkat joran pancing yang tidak pernah sama diantara dua pengguna. Perpaduan kenur yang melecut lembut, joran yang merampas keras, dan tenaga dalam yang mengalir bagai air membuat ilmu bela diri ini unik dan sulit ditebak. Sayang, tak banyak yang mempelajari ilmu bela diri ini dan pengajarnya pun tersebar luas di seantero benua.
Batasan
:
-      Pengguna akan membutuhkan ruang yang cukup untuk bermanuver dengan joran dan pancing (seberapa besar ruang yang digunakan tergantung pada pengguna)
-      Sulit menghadapi banyak musuh
-      Sulit bila bertarung dengan sekutu/bystander dalam jarak dekat
Kemampuan Pasif
:
Nature Sense
Mengikuti nasihat sang guru, Nazhme meninggalkan kehidupannya yang terdahulu di pemukiman para High Elf dan berkelana menelisik alam liar mencari tangkapan besar berikutnya. Ia bergerak dari satu badan air ke badan air lainnya, mencari ikan yang dapat menawarkan api di hati sang gadis.
Setelah berkelana bertahun-tahun, Nazhme dapat hidup dan bergerak dengan mudah bila ia berada dalam lanskap alami (hutan, padang rumput, rawa, dsb). Ia dapat mengindera jarak dengan tepat, menebak kapan hujan akan turun, mencari cacing tanah untuk umpan, dan sebagainya. Kemampuan ini juga membuat Nazhme dapat berkomunikasi dengan roh-roh yang mempunyai keterikatan kuat dengan alam, seperti fairy dan dryad.
Batasan
:
-      Berada dalam kungkungan peradaban (terutama kota besar dengan bangunan yang terbuat dari batu dan mortar, tanpa bisa melihat setidaknya kumpulan dua puluh pohon berukuran sedang) terlalu lama akan membuat Nazhme senewen, sulit berkonsentrasi, dan mudah marah. Nazhme perlu menenangkan diri dikelilingi alam liar untuk mengembalikan ketajaman kemampuan ini; butuh satu hari penenangan untuk setiap tujuh hari Nazhme dikelilingi peradaban.
-      Efektivitas kemampuan ini akan berkurang drastis bila Nazhme berada di dalam terowongan setidaknya lima meter dari permukaan tanah.
Kemampuan 1
:
Halathir
Kulminasi dari segala kemampuan ilmu bela diri Elello yang dimiliki Nazhme. Sesuai nama binatang yang diambilnya, Halathir membuat ujung pancing yang dikendalikan Nazhme menyambar dari titik buta indera lawan.
Batasan
:
-      Hanya bisa dilakukan tiga kali dalam sehari.
-      Rentetan serangan yang terjadi tergantung oleh persiapan yang dilakukan oleh Nazhme.
-      Setelah dilakukan, Nazhme akan terdiam selama setengah detik.
Kemampuan 2
:
Chi Healing
Penyaluran tenaga dalam untuk melancarkan peredaran darah bersih dalam tubuh, mempercepat penyembuhan luka-luka dalam dan meningkatkan kesehatan. Teknik ini adalah teknik umum yang dikuasai praktisi ilmu bela diri dari berbagai aliran. Karena Nazhme hanya mempelajarinya dalam hubungannya dengan bela diri yang dikuasainya, kemampuannya terbatas.
Batasan
:
-      Hanya dapat menyembuhkan luka organ dalam. Luka luar harus dirawat secara biasa dengan balutan dan jahitan.
-      Hanya dapat dilakukan dalam keadaan meditasi yang tak terganggu minimal tiga puluh menit. Semakin lama meditasi, semakin banyak luka yang bisa disembuhkan.
-      Penggunaan tenaga dalam akan menguras stamina, dan bila tidak dikendalikan dengan benar akan menyebabkan kehilangan kesadaran mendadak.
-      Hanya dapat digunakan untuk menyembuhkan diri sendiri.
Kemampuan 3
:
Chi Reinforcement
Penyaluran tenaga dalam untuk melancarkan peredaran darah bersih dalam tubuh, mengurangi beban otot dalam bergerak dan meningkatkan kemampuan tempur. Teknik ini adalah teknik umum yang dikuasai praktisi ilmu bela diri dari berbagai aliran. Selama tahun-tahun ia malang melintang di dunia bela diri, Nazhme mengembangkan cara untuk 'menumpuk' kemampuan ini di atas penggunaan Elello sendiri yang intensif dalam menggunakan tenaga dalam.
Batasan
:
-      Penggunaan kemampuan ini secara berlebihan dalam jangka panjang merusak struktur otot dan peredaran darah tubuh.
-      Menggunakan Elello sambil menggunakan kemampuan ini akan membuat stamina Nazhme dua kali lebih cepat terkuras.
ARSAMAGNA
:
Caunel [Terkunci]
Langit Kosong. Suatu keadaan saat seorang pengguna Elello menyerahkan joran dan pancingnya kepada Sang Maha Pencipta, lalu Ia mengembalikannya dalam bentuk angin yang bertiup dan air yang membuncah. Sang pengguna menyadari, kekosongan hanyalah kail dengan nama yang lain.
Batasan
:
-      Tidak ada yang mengetahui kapan dan bagaimana keadaan ini dapat dicapai. Yadhaor pernah mencapai keadaan ini, tapi sang guru tak pernah bercerita pada Nazhme bagaimana ia mencapainya.
-      Membutuhkan tenaga dalam yang luar biasa banyak, dan dapat membunuh Nazhme bila ia mempergunakannya dengan tidak bijak.
~DOMBA~
:


/5/ KELEMAHAN
Kelemahan Fatal
:
Nazhme tidak suka dan tidak bisa menggunakan sihir. Dahulu inilah yang membuatnya terkucil diantara High Elf yang dapat menggunakan sihir dengan mudah. Mempelajari ilmu bela diri dan tenaga dalam mengurangi perbedaan kekuatan serang diantara Nazhme dan para pengguna sihir, namun pertahanan Nazhme terhadap sihir tetap sulit dikembangkan.
Kelemahan Lain
:
-      Nazhme mudah sakit perut bila memakan makanan yang sudah diproses terlebih dahulu (daging asap, sosis, dsb).
-      Nazhme kadang menyinggung lawan bicaranya secara tidak sengaja, apalagi bila sedang berbicara tentang memancing.

/6/ LATAR BELAKANG
Semesta Asal
:
Mellaor, ibu kota Kerajaan Kellamarn, sebelah timur benua Tekkala, planet Rigel.
Deskripsi Semesta
:
Benua Tekkala adalah salah satu massa daratan yang ada di planet Rigel. Benua Laintan di sebelah timur laut berukuran lebih besar, sedang Siranjar di Barat daya berukuran lebih kecil. Ketiga benua ini terpisah samudra yang secara kolektif disebut Procellaurum. Secara umum, iklim Tekkala tergolong basah dengan daerah berhutan lebat dan banyak badan air. Sekarang ini Nazhme sedang berkelana ke arah bagian tengah benua, mencari ikan yang dapat memberinya perlawanan sekali seumur hidup.
Biografi Singkat
:
Nazhme adalah putri ketiga dari wangsa Kaikhaz, keluarga yang turun-temurun merupakan pilar dari kerajaan Kellamarn, wilayah kekuasaan para High Elf di bagian timur benua Tekkala. Sang ayah adalah penasihat raja yang terpercaya, sementara sang ibu adalah putri seorang bangsawan istana.

Sejak kecil, Nazhme hidup di bawah bayang-bayang. Sang abang sulung yang kelak meneruskan nama keluarga telah menunjukkan kehebatannya di medan perang, sementara sang kakak tengah telah menunjukkan tajinya dalam kancah politik antar negara. Sementara itu, sang adik bungsu yang dipandang tidak bisa apa-apa terkungkung di rumah, mempraktekkan ilmu pedang dalam kebosanan sambil mungkin menunggu pinangan seorang putra bangsawan.

Tapi semua berubah, ketika suatu hari Nazhme bertemu seorang halfling yang sedang memancing di pinggir sungai di belakang rumah peristirahatan musim panas keluarga, dengan kenur yang jelas tak berkail…
MAHAKARYA
:
"Suatu hari, di ujung langit, aku akan menemukan pertarungan paling hebat melawan Ikan Sekali Seumur Hidup itu…"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat mengapresiasi~

Tuliskan komentar berupa kesan-kesan, kritik, ataupun saran untuk entri ini. Jangan lupa berikan nilai 1 s.d. 10 sesuai dengan bagus tidaknya entri ini berdasarkan ulasan kalian. Nilai harus bulat, tidak boleh angka desimal. Perlu diingat, ulasan kalian harus menunjukkan kalau kalian benar-benar membaca entri tersebut, bukan sekadar asal komen. Admin berhak menganulir jika merasa komentar kalian menyalahi aturan.

PENTING: Saling mengkritik sangat dianjurkan tapi harus dengan itikad baik. Bukan untuk menjatuhkan peserta lain.