Sabtu, 06 Agustus 2016

[ROUND 1 - 8I] 44 - HARUM KARTINI | NGIMPINYA PEREMPUAN (1) : ABUGET!



oleh : Mustafa Hadji

--

“Bagi saya hanya ada dua macam keningratan: keningratan pikiran dan keningratan budi. Tidak ada yang lebih gila dan bodoh menurut persepsi saya daripada melihat orang, yang membanggakan asal keturunannya. Apakah berarti sudah beramal soleh, orang yang bergelar Graaf atau Baron? Tidak dapat mengerti oleh pikiranku yang picik ini.”

(Surat Kartini kepada Stella, 18 Agustus 1899)


SURAT 13
NGELINTASIN BATES-BATES IMPIAN

Di kelas, Harum punya tuh Bang kenalan temen- temen cowok yang wibu gitu,,ngehobi kartun jepang, vidio gim, sama komik. Harum inget kalo temen-temennye itu sempet cerita kalo tema cerita yang lagi populer tuh tentang “kesasar ke dunia laen/kesasar ke dalem gim”, macem “SAWO” atau “ngedot//ngehek” dimana si tokoh tuh kejebak di dunia laen,,dunia dalem gim. Tapi yah nih Bang,,kejebak di dunia dalem gim itu cerita turnamen taun lalu. Kalo sekarang,,ceritanye beda lagi.

“Bujubuneng!! Itu orang bisa disulap jadi pot,,amit-amit deh aye!!”

Cuman bisa bengong Harum Bang,,pas ngeliat demonsetrasi yang dilakuin Om-om kayak mafia,si Zainurme,,atau si Om sih ngakunya bukan dia yang ngelakuin,,tapi intinye tetep aje ada kejadian kayak begitu. Orang dikutuk jadi batu kalo di maling kundang,,kalo di sini dikutuk jadi karya seni murahan macem pot gosong. ngeri abis deh,Bang!!

Terus,,pas masih melongo-melongonye tuh,Bang,,tau-tau Harum (sama puluhan orang malang laennya) udah diusir lagi dari tempat yang kayak museum gede banget itu tuh. Sumpah deh Harum takejub,,pas nyamperin museum nasional di deket Monas aje udah wow banget ngeliat luas tuh museum punya pemerentah. Nah museum ajaib si Om Mafia Zainurme ini luasnye kagak ketulungan,,bikin museum nasional keliatan kayakk sebiji kutu.

Sebelom di usir,,satu omongan si Om yang nempel di kuping Harum tuh “kalian mesti jadi kuat!”,,dan itu emang udah rencana Harum.

Dia kepengen jadi lebih kuat lagi…itu impian si Harum sebagai prempuan.


SURAT 14
DIDAPUK JADI BOS

Setaun lalu Harum dikasih gelar “Yang Punya Jalannan” pas dia ngehajar gerombolan geng motor. Yang punya jalanan,,berarti kagak boleh ada yang macem-macem di jalanan yang ada di wilayahnye Harum,,Bang.

Nah,,kejadian kayak begitu tuh keulang lagi tadi. Tapi kali ini nih,Bang,,lepelnye udah bukan jalanan kampung lagi. Sehabis Harum nonjok bonyok Don Italiano,,si bos mafia itali itu langsung naroh hormat deh. Pas Harum balik ke bingkai mimpi yang isinye komplek perumahan dia kecampur-aduk sama daerah Itali,,segerombolan orang pake jas item-item udah nyambut.

“Selamet dateng kembali,,Nona Boss! Beri hormat buat DONNA HARUM!!”

Eh bujug,,dalem hati Harum kaget. Bukan aje gerombolan mafia itu jadi bisa ngomong bahase Indonesia,,tapi beneran tadi dia dipanggil BOSS?? Donna itu kayak sebutan Don tapi buat cewek kan yak?? Harum masih bingung. Lagian Donna Harum udah kayak nama artis aje…

“Kami udah nungguin Nona Boss,” sapa Don Italiano. “Jujur aja, kita juga keder kenapa wilayah kami jadi nyasar di mari. Dan kita kagak tahu gimana buat balikin ini semua kayak semula. Tapi…”

“Tapi apaan??” bales Harum. “Dan kenape situ ngomong logat Betawinye lancar banget gitu?”

“Itu kayaknya semacam penerjemah universal gitu di dunia aneh ini, Donna Harum. Kagak tau deh kenape aktifnye rada telat gitu,,nggak dari kemaren-kemaren aje. Tapi untung deh jadi gampang buat kominikasi.” kata si Don Italiano. “Yah,,balik ke inti cerita,,kami nganggep peluang buat balikin dunia kita kayak semula itu ada di Nona boss.”

“Di aye?” Harum masih mikir.

“Ada yang ngeliat nona boss dijemput ke dimensi laen gitu…”

“Oh,,iye …yang itu ya? Ini baru aja diusir balik ke sini. Jadi ceritanye gini…..”

Trus selanjutnye Harum cerita- cerita deh tuh, bang,,soal segala yang dia alamin di museum semasta,,ngebikin Don Italiano sama kroco-kroconye bilang wow terus. Nah,,pas lagi asik-asiknye ngobrol tuh,,tetiba sebiji amplov surat dijatuhin sama burung merpati ke atas kepalanye Harum.

Baru aje ngebuka amplov ntuh dan ngebaca dikit isinye,,nongol lagi deh domba putih yang waktu itu nolongin Harum kabur dari markas mafia itali,,tahu-tahu aje udah ada di belakang harum.

“MBUEEEEKKKK!!!”

Harum sama si Don saling mandang,,tapi kayaknye keduanya udah langsung ngerti. Permainan baru aje di mulai. Seperti yang dibilang Don,,ini peluang buat bikin dunia Harum jadi normal lagi.

“Oke,deh…kalo gitu aye siap-siap berangkat.” kata Harum.

Terus seolah udah nungguin momen itu dari tadi,,Don Italiano langsung tepok tangan dua kali,,sambil die bilang “Kostum,,per vafore.”

SURAT 15
TIGA LOBANG,,TAPI CUMAN BOLEH MILIH SATU AJE
JANGAN KEMARUK MASUKIN TIGA-TIGANYE

Ajaib banget itu domba,,Bang..

Pas Harum naikin tuh mahluk bebulu putih tebel kayak bantal,,si domba langsung lari cepet ninggalin kerumunan. Terus di depan langsung kebukak gitu kayak semacem lobang item di angkasa,,tapi kecil, jumlahnye ada tiga lobang.

“TIIMBEEEK” kata si domba.

“Oh, jadi aye mesti milih atu aje,,kan?” Harum nginget-inget deh tuh di dalem surat yang dia pegang ada pilihan tiga tujuan gitu. Tapi Harum tentu aje udah punya pilihan. “Masukin aye ke tempat yang pada main kungpu,,Mbek! Kayaknye seru tuh!”

“OKEMBEEEKKK!” sahut domba ntuh. Dia langsung melaju ke lobang di tengah…tapi larinye kecepetan sampai kagak sadar udah kesandung batu aje. “MBUEEK??” Akhirnye Harum dan dombanye kepleset ke lobang lain.

“EH BUSET!!” Harum kagak bisa ngeles. Pasrah deh dia kelempar ke tempat yang barangkali kagak cocok buat die.

“Hati-hati, boss!!” seru Komar sama Komir,,mereka pengen ngikut tapi kagak berani. Terus mereka saling ngelirik,,kepikiran juga.

“Eh, Mir…elu kagak ngerasa kalo judul bab nyang ini rada ngejurus gitu?”

“Ah…itu mah lu aja yang otaknye ngeres!”

SURAT 16
ENAKNYE JADI TERORIS,
BISA MINTA DUIT SEGEPOK GEDE

Kagak tau deh apa namanya kota itu,,terus lokasinye juga dimana..yang jelas di suatu tempat di dunia ini. Atau kayaknye,bisa aje di dunia laen gitu yang mirip sama dunianye Harum.

Suara TOA kenceng banget Bang…dari polisi yang cuman bisa numpuk belasan mobil-mobil polisinye di depan gedong. Yang ngomong itu polisi senior tapi mukanye masih agak ganteng, namanye “Oficer Thomas”,,sementara yang laen pada ngumpet belindung di belakang mobil. Bukan ape-ape,Bang..itu ada 3-4 biji mobil udah keguling sambil ngepulin asep tebel..bekas kena bazoka sama senapan mesi. Yang nembakin mobil-mobil polisi itu tadi segerombolan orang yang make topeng masker kagak ketahuan mukanye. Tapi tuntutan mereka jelas.

“Ayolah, Kendrik! Aku tau kalo kau bisa lebih diajak ngomong daripada ini---“

KABOOOOOMMM!!!!

Belom beres ngomong Pak Polisi Thomas,,udah dateng aje roket berikutnye. Kali ini truk tipi jadi korban. Panik deh tuh pers-pers bandel,,udah disuruh menjauh malah markir mobil deket banget sama polisi.

“Anjiirr, KENDRIK! Berapa orang lagi mesti kau MAMPUSIN?!!” ngomel deh Thomas si jago nego tapi kali ini negonya gagal. Dalem hati Thomas juga udah pasrah…untuk yang kali ini dia tahu bener kalo orang yang dipanggil pakek nama Kendrik ini kagak bakal mau nyerah sampe kiamat pun.

Namanya juga gembong terroris.

Anak buahnye Thomas langsung begerak nolongin korban-korban yang berjatuhan,,entah itu dari polisi,,pres,,atau masyarakat umum. Polisi udah mati kutu sekarang. Tim SWATT yang tadi dikirim masuk buat nyerbu gedong,,malah mokat semuanye. Bahkan mayatnye dilempar dari atas,,,komplit 20 biji,,sekarang geletak semua di jalanan.

Yang kepikiran sekarang cuman nungguin bala bantuan lagi,,kali ini dari militer…yang sayangnye baru bakalan nongol 30 menit lagi, Bang. Eh pas lagi pusing-pusingnye mikir tuh,,Thomas dapat balasan dari Kendrik,,langsung lewat saluran radio di mobil pak polisi.

////Gampang aja deh,,Thomas, kalo situ emang mau nego. Suruh menteri pertahanan berhenti,,sama semua kroco-kroconya. Terus gua minta 500 juta,,plus helikopter buat kabur dari sini///
////Kagak nurut,,gua lemparin nih satu-satu sanderanye tiap 10 menit---//

BUUAAKH!

Satu tubuh malang langsung nimpa salah satu mobil polisi,,kenceng banget suaranye. Maklum,,dijorokin dari tingkat 30. Tewas deh,,padahal itu cewek cakep sekretaris yang punya gedong ini.

“Buangsaaat!! KENDRIKK!” maki Thomas.

///Elu lebih bangsat soalnye kagak nurutin maunya gue!!//

Sambungan radio keputus. Thomas kesel setengah mati cuman bisa nendang hidran. Polisi yang laen juga pada bingung …gimana caranye bisa ngelawan tentara bayaran 100 orang pada jago-jago,,yang kini jadi teroris nyandera gedong FORTUNITY CORP? Andai aja mereka bisa manggil Superman.

“Nggak perlu Superman,,cukup seorang Flame Magus buat beresin masalah kalian. HUAHAHAHAHA!!”

Tau-tau aje nongol pemuda kacamata yang gaya pedenya kagak ketulungan. Dia nangkring di tiang listrik deket barikade mobil pulisi. Tapi bahkan polisi langsung tau kalo itu pemuda bukan sembarang orang,,soalnye dia ditemenin sama burung elang berapi!!

“OKE,,saatnya berubaaaaaaahhhhH!!”

Cahaya terang banget nyelimutin sekitar si pemuda,,tanda dia bakal ganti wujud jadi semacem power renjer gitu. Sewaktu chaya itu akhirnya ngilang,,keliatan deh sosok si pemuda kacamata yang udah berbeda. Pakek kostum kece dia.

“Aku Seno,,Flam Magus! Akan nangkep semua teroris itu! Serahin padaku!!”

Seno nama si pemuda,,langsung melesat maju ke dalam gedong dengan kobaran api membara. Nalar logis Thomas langsung ancur,,dia kayak baru aja nyaksiin tokoh yang mestinya cuman ada di tivi tontonan anak-anak,,sekarang malah nongol di depan matanya sendiri. Bukan tipuan.

Thomas senyum deh. “Aku bisa ngelihat harapan lagi…dengan strategi berikut maka kita bisa---”

Tapi Seno udah nggak keburu ngedengerin rencananya Pak Polisi Thomas. Dia udah masuk ke gedong lewat pintu depan…dan langsung kedengeran tereakan sejumlah teroris yang ngejagain pintu depan. Seno udah beraksi.

SURAT 17
TUKANG PALU MALAH JADI SANDERA,,
TAPI BOS DONNA NONGOL DENGAN KEREN

“Siapa yang ngirim elu??!”
“Mafia dari mana kau, Miss?”
“Dan apa-apaan domba itu???”

Kayak gitu deh Bang kira- kira reaksi tiga biji teroris pas ngeliat wujud Harum yang tetiba aje nongol di depan mereka. Si Harum sebelon berangkat tadi udah didandanin sama grup mafia Don Italiano,,dia pakek kemeja dasi,, jas blezer, sama mantel bulu,,plus kacamata item…beneran kayak cewek mafia. Yang kagak matching palingan ya dia kagak naek motor gagah,,tetapi naek domba putih.

“Err … helo?” sapa Harum.

Tiga teroris langsung nodongin senapan mesinnya,,bikin Harum replek ngangkat tangan tanda nyerah. Tapi langsung keliatan deh tuh sejumlah sandera di belakang,,kayaknye kumpulan koki sama office boy gitu. Semua diiket pake tali. Terus Harum nyadar kalo ini ruangan dapur gitu,,dan pas ngelirik ke arah sandera ada sebiji pemuda mata ungu diantara sandra yang malah kedip-kedip mata ngasih kode ke Harum.

Ngeliat situasinye kerasa gaswat banget. Harum mesti kudu segera bertindak sebelum didor.

“MAJU!!”

Domba yang dinaikin Harum tau-tau aje udah ngelesat cepet,,nubrukin diri ke salah satu teroris. Ngejengkang dia nyungsep di panci gede,,sejumlah pisau alat makan jatuh ngegemerincing.

Harum langsung lompat dari dombanye pas dua sisa lawannye masih keder. Aura wangi udah ngejalar di kedua tapak tangan si Harum. Dipegangnye senapan satu teroris,,diangkat ke atas,,jadinye bunyi DOBOR cuman nembak langit- langit aje. Terus pakek satu tangan laen,,dicocol aje tuh muka si teroris pakai teknik Tapak Harum. Ngejengkrak deh dia,,ngikut pingsan.

Tapi masih ada satu musuh lagi,,dan dia udah waspada ngelompat mundur. Harum kurang tangkas,,si teroris udah keburu mau narik pelatuk. Untungnye ya, Bang…

GELETOKKK!!!

Dari belakang si teroris,,pemuda mata ungu udah ngegetok si teroris gunain palu gede. Selesai deh acara di dapur inih. Sejumlah sandera udah diselametin (kagak pakek pengajian tapinye) dan tiga kroco teroris udah diiket dan dimasukin ke karung.

Terus si pemuda mata ungu ngenalin diri deh, sembari nawarin jabatan tangan, “Aku Takase Kojow. Jago berantem pakai palu. Tapi hahahaha…tadi pas nongol tau-tau udah di kepungan teroris jadinya langsung ketangkep deh. Untung ada situ yang nolongin.”

“Taka..jo? Kayak nama kumpeni Nippon,” Harum nerima tawaraan jabtan tangannye. “Nama aye Harum Kartini,,tapi aye bukan mafia. Belom resmi, palingan sih.”

Mereka berdua langsung nyadar kalau keduanye itu bukan aseli sini. Tampang dan kostum Harum sama Takajow kagak nyambung sama dandanan daerah sini. Jelas kalo mereka sesama revrier gitu,,ditugasin di sini buat beresin sesuatu.

“Oke, langsung aja deh kujelasin situasi di sini,” ungkap si Takajow.

SURAT 18
KAGAK KAYAK DI PILEM,,JAGOAN RENJER BISA AJA KALAH

Seno si flaem magus udah lincah bergerak ngehajar sejumlah teroris bermasker di lantai satu gedong. Badannye berapi-api kayak ayam kebakaran,,terus aje ngejar tiap musuh bermasker yang dia temuin. Mereka pada nembakin Seno pake senapan tapi gerakan si magus api ini lincah bet deh,,masih gampang dia ngeles kanan- kiri. Apalagi dibantu ama burung apinya yang terus ngasih tau dimane aje musuh ngumpet. Walhasil, lantai atu beres dengan cepet.

Polisi dikomando sama Thomas langsung manfaatin kesempetan ini buat ikut nyerbu. Ditangkepin deh tuh atu-atu teroris yang udah takluk sama si renjer api. Tapi Seno kagak bisa ditungguin,,dia udah nyelonong pergi ke lantai atas..di mana lebih banyak lagi tentara bayaran alias teroris grupnya si Kendrik berjaga-jaga di situ.

Lantai 29,,Seno udah tahu kalau selantai lagi dia bakalan nyampe ke tempat si boss besar teroris Kendrik berada. Dia sengaja kagak banyak ngegubris tentara bayaran yang ngejagain lantai demi lantai,,diterobos aja semuanya.Kagak bisa mereka ngikutin kelincahan si Seno berapi. Bahkan nih Bang,,karena sewot si Seno terus dihujanin pelor,,dia bales ngebakar tuh teroris kagak ada ampun lagi. Walhasil semua pada ngibrit kagak mau ngedeketin Seno. Tapi…

Di ujung tangga menuju lantai 30,,ada satu yang kagak takut sama api,Bang.

“Minggir kau! Flame…AGNI!!”

Seno ngelempar lagi bola api yang sedari tadi nemenin dia. Tuh bola api segede bola basket ngelaju cepet banget lurus ke arah si penjaga. Eh si penjaga masih belum takut juga. Dia malah nenggak kendi aneh,,minum,,terus…

BYUUUUURRRR!!!

Disembur deh agni bola api jadi langsung padem. Ajaib,,itu kayaknye semprotan air dicampur juga sama tiupan energi tenaga dalem gitu,,bang! Jadinye sakti mandraguna.

“Wahahahaha! Tukang sulap mau jadi lawanku?” kata si penjaga. “Kenalin, namaku Marikh si Pendekar Dewa Arak!”

Seno ngerem,,dia nyadar kalo lawannya nampak berbeda. “K..kau?? Sesama revrier?? Ngapain kau menghadang jalanku, hahh!?”

“Ya ngapain juga situ kemari, bocah? Mau belagak pahlawan nyerang sendirian gitu? Sini biar kukasih pelajaran! *hikk* …” Marikh cegukan, tampangnya udah keliatan merah mabok.

Duel berlangsung cepet,,bahkan tentara bayaran yang nonton dikejauhan juga kagak bisa nangkep jelas. Awalnye,,si Seno nyerang terus pake teknik bela diri akrobatiknye tapi Marikh ngeles canggih bener goyang badan kanan kiri blakang,,bungkuk,,beneran ahlinye jurus kungfu mabok. Bahkan ikut diserbu sama burung api peliharaan Seno juga kagak ampuh,,Marikh tetep bisa loncat kesana-keamri buat ngehindarin semuanye.

Seno kagak sabar lagi nih. Dia udah berantem terus- terusan lebih dari 40 menit,,ibarat mobil udah mau kehabisan bensin. Akhirnye dia panggil deh makhluk api lainnye,,wujudnya kayak orang setinggi hampir 2 meteran…tapi

BYUUUUUAAARRRR!!

Marikh udah keburu nyemburin arak saktinya. Monster tadi langsung ilang sebelom sempet ngewujud sempurna,,,sayang banget. Seno kelabakan,,dia melongo lantaran jurus manggilnye gagal total. Terus Marikh gampang aja ngedeketin Seno yang lagi meleng. Tapak tangan si dewa arak udah nempel di perut Seno,,penuh diisi tenaga dalem. Jurus Marikh keluar:

“KUNGFU PEREMUK TULAAANG!!”

Hawa murni nyamber kenceng nembus badan Seno,,meresep ke sekujur badan. Terus Seno pingsan kagak berdaya. Nggak ada luka luar,,tapi yang jelas pemuda kacamata itu KO. Revrier pertama tumbang deh, Bang.

Maring nenggak lagi kendi araknya,,sambil ngedumel sendiri, “Situ masih ijo banget,,belum ngerti *hikk* apa-apa soal dunia persilatan. Asal main nyerang aje tanpa ngeliat duduk perkara.” Terus omongannya dilanjutin dalem hati, Polisi dan Pemerintah kagak selamanye bener,,dan teroris nggak selalu salah…

Tentara bayaran langsung balik bikin barikade lagi sehabis satu musuh sulit si renjer api dihabisin. Masih ada segerombolan polisi yang ikut nyerbu maju di belakang Seno…itu bagian mereka. Sementara Marikh udah nyantai lagi di pojokan,,nenggak kendi araknya.

SURAT 19
RENCANA BRILYAN SI TAKAJOW

Di dunia ini,Bang…kadang baju yang kita pakai bisa ngomong lebih banyak dari mulut kita sendiri. Takase Kojow tau itu,,dan dia langsung kepikiran ide bagus pas ngeliat dandanan Harum.

Sekarang di satu ruangan,,Harum duduk semeja deh bareng si boss besar teroris,,Kendrik. Cuman bedua,,antara sesama boss. Ini perundingan.

“So, jadi ngapain Donna dari Mafia Italiano nemuin aku?” tanya Kendrik.

Harum mesti pasang lagak mafia,,jadi dia naikin kaki ke atas meja sambil nyender ke bangku penuh gaya. Terus diinget-inget deh apa yang tadi dikasih tahu sama Takajow,,Harum mesti akting, “Lepasin semua sandera,,perusahan ini ada di bawah kekuasaan keluarga Italiano. Tidak secara legal, tentu..tapi senor pasti bisa mengira-ngira.”

Dalem hati Harum senyum-senyum aje. Kagak nyangka rupanye dia ada dikit bakat akting juga. Barangkali pulang dari turnamen dia bisa ikut kesting sinetron.

“Aneh, aku baru tahu tuh ada klan mafioso dari negeri lain yang menguasai perusahan ini.”

“Kau tidak bisa tahu segalanya, senor.”

Keduanya saling mandang melotot tajem,,Kendrik bisa ngeliat kalo di depannya ituh biarpun masih muda emang keliatan ada aura-aura penguasa gitu. Dan nggak kelihatan gentar si cewek biarpun ada di depan Kendrik si pengebom paling wahid seantero negeri.

“Jadi gini aja,,kalian cepetan angkat kaki sebelum aku marah,” lagak Harum.

Kendrik jadi zebel,,”Emangnya kenapa kalau kau marah, Lady?”

Yang ngejawab adalah suara teriakan dari ruang sebelah,,dibarengin sama bising dordoran tembak-tembakan,,jelas ada sesuatu terjadi waktu Kendrik asik ngomong sama Harum.

Harum nyengir,,rencana udah jalan.

Kendrik murka, “KAU!” sambil ngambil pestol dari balik jaketnya,,tapi kaki Harum lebih cepet nendang meja dari bawah sampe meja itu keguling ke atas. Pestol Kendrik jatuh,,dan Harum menerjang. Kendrik yang lagi oleng langsung disamber. Pria itu masih coba ngebales dengan nonjok muka Harum tapi Harum masih jago nepis itu. Tangan Kendrik ditangkep,,lalu dibanting deh badannye ke meja.

GABRUUK!!!

Kendrik masih sadar tapi kagak lama. Harum udah langsung jedotin kepala si teroris ke meja dua kali…Kendrik beneran pingsan.

“Jangan ngeremehin cewek, Bang.”

Boss teroris kalah,,tapi cerita ini masih belum selesai.

***

Sekitar 45 orang sandera dikumpulin di sudut ruangan,,sementara itu Takajow ngegetokin-getokin terus temboknya pakai palu sampai runtuh. Situasinya 45 orang itu kayak lagi di pinggir jurang,,mereka bediri di sebongkah batu dan batunya mau runtuh,,siap jatuh kapan aja.

“OI, ini kayaknya bukan ide bagus! Kita bener bisa percaya sama kamu?” protes salah satu sandera.

Takajow senyum, “Yo’i, dong. Aku ahlinya di bidang ini.”

Pukulan terakhir,,bongkahan tembok dan lantai itu runtuh ke belakang,,terjun bebas dari lantai 30.

“Semuanya pegangan!!!” seru Takajow. Dia juga naik ke bongkahan. “Sekarang aku tunjukin jurus palu magnet ajaibku!”

“WAAAAAAAAAAAAAAAAA!!” semua teriak histeris,Bang.

Sejumlah teroris udah ngejar di belakang,,nembak-nembak tapi terlambat. Takajow udah ngerobohin tembok!

Bongkahan itu jatuh cepet,,dan dalam hitungan detik bakalan nubruk jalanan. Tapi disitu ajaibnye jurus si Takajow bekerja,Bang! Kayak mejik aja itu pokoknya,,pakai prinsip tolak-menolak medan magnet gitu bikin bongkahan yang dinaikin sandera ketahan dikit beberapa detik aja sebelum ngebentur jalanan. Akibatnye,,tubrukan jadi kagak fatal soalnye energi jatuh dari ketinggian 30 lantai udah hilang gitu aje,,keganti jadi energi jatoh setinggi 2 meter aja.

45 sandera selamet.

Polisi langsung ngerubungin buat nolongin,,sambil ngasih ucapan tengkyu ke Takajow si penyelamat. Tapi pemuda mata ungu itu ngebales, “Terlalu cepet buat bilang *hhh* terima kasih … *hhh*. Masih ada 1 sandera terpenting di atas sana, iyakan?”

Takajow mendongak tinggi ke atas. Dia kepengen balik lagi ke atas tapi energinya udah kekuras habis buat ngelakuin jurus magnet gede tadi pas nyelametin sandera.

“Satu musuh kuat tersisa di situ,,aku bisa ngerasain.” Gumam Takase Kojow. “Aku cuman bisa ngandelin kamu,, Non Mafia.”

SURAT 20
BAIK ATAU JAHAT,,ORANG TETEP MESTI PUNYA PRINSIP

Aura yang dikeluarin sama orang itu bikin Harum merinding. Padahal sikapnye keliatan santai banget,,tapi jelas kalo itu bukan sembarang pendekar.

“Kau … pendekar bayaran yang disewa sama para teroris?” ucap Harum. Terus si nona nunjuk seorang pemuda perlente yang terikat di kursi di belakang si pendekar. “Itu di belakangmu,,ada cowok culun. Tolong lepasin dia, Om.”

Si pendekar geleng kepala. “Sori, Non Mafia. Bocah ini anaknye menteri pertahanan negeri ini. Sandera penting. Kagak bisa dilepas gitu aja, dong? Dan lagian … gua bukan pendekar bayaran. Gua kagak dibayar sepeser pun!”

“Tapi ditraktir belasan kendi arak, iyakan?” sindir Harum. “Aye tahu ceritanya dari salah satu teroris yang aye gebukin tadi. Om Marikh …si Pendekar Dewa Arak!!”

“Om-nya kagak usah disebut napa!”

Kesel, Marikh nenggak satu kendi arak lagi. Dia tahu bener kalo yang nongol di depannya ini sama kayak dia.

“Nama aye Harum Kartini. Kayaknye kita mesti bertarung nih, Om Marikh… eh, Bang Marikh,,maksud aye.” Harum langsung pasang kuda-kuda,,kedua kaki dijejak rada lebar,, telapak tangan dibuka menyamping kiri-kanan. Aura wangi dari kedua tangannya makin tebel,,tanda jurusnya mulai aktip.

Marikh juga masang kuda-kuda,,beda banget sama Harum. Marikh ngangkat satu kaki kayak burung bango,,terus dua tangannya bikin bentuk jari pengait,,khas banget teknik dewa mabuk.

Tapak Harum versus tinju dewa mabuk dimulai.

***

Intermezo dikit nih,,Bang. Grup teroris yang dipimpin Kendrik emang bukan kumpulan orang baek. Tapi mereka bukan yang palig jahat. Justru nih Bang,,pemerintah negeri ini lebih jahat lagi daripada terroris. Terutama rezim yang dipimpin jenderal yang jadi menteri pertahanan,,ngebikin peredaran senjata jadi begitu bebas,,demi banyak duit,,tapi malah bikin kacau negerinya. Presiden yang mestinya jadi penguasa malah kayak boneka aja dikendaliin terus apa maunya sama di menteri pertahanan. Ceritanya gitu yang dibaca Marikh di koran,,ngebuat dia mutusin buat belain Kendrik buat ngejatuhin rezim si jenderal. Apalagi dia udah dibeliin banyak arak enak dari negeri ini,,Bang.

Kalau Harum kagak mikir jauh ke sana. Pas dia dateng kagak sempet baca koran atau apapun,,dengerin tentang konflik juga gegara diceritain sama Takajow. Tapi Harum tahu kalo nyandera orang demi tujuan apapun itu kagak bener. Nyawa orang bukan buat mainan,,makanya Harum kerja sama Takajow buat nyelametin sandera. 45 udah ditolongin,,plus sejumlah pegawai,,tapi masih ada 1 sandera lagi di depan.

Sementara itu,,di lantai bawah udah jadi tempat baku tembak. Tentara teroris yang udah bekurang jauh jumlahnya sehabis dihajar Seno dan Takajow kini digempur habis-habisan sama polisi.

Kalo di pilem-pilem,,ini klimaks. Harum tinggal nonjok boss terakhirnye aje. Tapi mestinya sih si Kendrik yang jadi peran itu…keburu pingsan duluan. Kini yang kebagian peran itu adalah Marikh si pendekar mabok.

***

Satu sodokan tapak dari Harum cuman nyerempet pipi Marik doang,,gerakan muterin badan si pendekar mabok beneran kagak bisa ditebak. Apalagi serangan balesannye yang tau-tau aja udah ngena di perut Harum. Dua pukulan,,ditambah sama satu tendangan mantep. Harum ngejengkang ke belakang.

Jas mafia sama mantel bulu yang dipakek si Harum langsung robek berantakan,,kacamata itemnya juga remuk.

“Uhhh,,awas kau,Om!!”

Harum langsung bangkit dan cobain variasi serangan tapak beruntun. Tapi Marihk lagi- lagi gerakin badannye ngelengkung ke belakang,,ngelak cakep kayak gerakan air. Terus pendekar mabuk itu sengaja jatuhin punggungnya ke belakang,,cuman buat ngasih momentum tendangan ganda pakai loncatan.

GRUSAAAAKK!!!

Harum telak mental ke belakang dan…

PRAAAAANGG!!!

…mecahin kaca jendela,,terus nyusruk di lantai. Dia muntahin darah. Kayaknye serangan Marikh selalu di barengin sama tenaga dalem jadi kerusakannye langsung ngena ke bagian dalem tubuh.

Gemeter badan Harum,,tapi dia coba bangkit.

SURAT 21
TAPAK HARUM: ABUUUGEEET!!

“Kenapa, Non?? Kagak bisa ngelawan lagi? *hikk* Sini temenin aku mainan kungfu lagi.” ledek Marikh.

“Aduduh..Om mainnya kasar banget sih..ahaha,” Harum pura-puratangguh,,padahal badannya udah kerasa remuk.

Duel lanjut lagi,,tapi ceritanya tetep sama. Serangan Harum semua ditangkis atau di hindarin,,sebaliknye dia malah kena serang terus. Asem banget pokoknye,,Bang… Harum kayak mati kutu gini.

“Ayo sini,,lawan aku!” seru si Marikh.

Harum bangun,,dan kali ini…

“KUNGFU PEREMUK TULANG!!”

Busett…Harum kagak salah denger tuh nama jurus kayak jurusnye Chinmi yang dia lihat di komik kesukaannye. Sekarang dia kena hajar jurus begituan,,,seluruh tulangnya beneran kerasa kayak remuk. Om-Om ahli kungfu ini beneran jago… kesadaran si Harum mulai hilang,,Bang..tapi saat itu dia dapat sedikit inspirasi—

***

Sebelon kenal sama komik Kungfuboy chinmi,,Harum kecil udah tau jurus laen yang bikin dia punya impian gede…pengen bisa ngelakuin itu jurus. Harum kecil emang tomboy,,hobinya maen keluar..maen dingdong. Ada captain comando,,contra,,lalu gim pesawat…tapi Harum paling suka gim berantem yang jagoannya Ryu.

Abuugeet!!

Soryugeeet!!

Waktu berlalu…secara ajaib Harum punya bakat tenaga dalem,,tapak Harum. Dan bukannye Harum kagak pernah nyobain. Dia baru aja inget lagi sama gim itu sekarang. Inspirasinya balik!

***

Marikh licin banget buat dicolek dikit aja kagak bisa. Jadinya Harum cuman bisa ngelawan pakai serangan dari jarak jauh,,,variasi dari Tapak Harum.

Padnangan mata Harum udah siwer,,tapi dia masih belom pingsan,dan masih bisa ngumpulin tenaga dalem buat satu serangan terkahir. Marikh pun kesel dibikinnye.

“Tangguh juga si Non,,masih bisa bertahan sehabis kena serangan hawa murni dariku. Tapi ini yang terakhir…”

Marikh nenggak semua kendi arak yang dia punya..terus kedua tangannya bercahaya gitu,,hawa murninya melimpah ruwah.

“Ini namanye teknik Dewa Mudra!” lagak Marikh,bersiap buat ngelempar tenaga dalam.

Harum kagak mau kalah,,dia nempelin kedua tangannya di samping pinggang,,juga ngumpulin tenaga dalem.

Marikh nyerang,,,keluar macem sinar putih gitu dari tangannya. Ngelaju lurus nyerang ke arah Harum. Tapi Harum juga ngebales..

“TAPAK HARUM : ABUGEET!!”

Kali ini tenaga dalam Harum dilontarin keluar dari kedua telapak tangannya,,berbentuk kayak bola energi gitu. Langsung nabrakin sinar putih dari Marikh. Ruangan begetar hebat akibat benturan dua serangan tenaga dlem itu.. lalu semerbak wangi bunga nyebar ke segala penjuru,,kayak pewangi ruangan. Dan makin lama,bang,,aromanya makin kuat. Kemudian….

KABOOOOOOOOMMM!!!!

Kedua energi udah kagak bisa dibendung lagi,,saling meledak.

SURAT 22
BOM

Marikh jatuh terduduk,,ngos-ngosan. Harum juga telentang di seberang ruangan,,,kehabisan napas. Tapi keduanya masih sadar. Efek benturan serangan keduanya bikin lantai jebol kayak habis dibom.

“Et dah,,jago juga si Om… aye udah ngeluarin seluruh tenaga masih belom kalah juga,” puji si Harum.

“Situ juga kuat, mestinya udah roboh dari tadi… sampai mabok gua ilang nih,,masih aja bisa bertahan.” bales Marikh.

Namanya juga sesama pesilat,,kalau hatinye baik mah sehabis duel malah kagak ada permusuhan. Mereka malah bisa jadi sohiban terbaik. Sementara itu..di lantai lain kedengeran kalo pasukan teroris udah pada nyerah sehabis diserbu polisi. Akhir yang damai. Tapi kayak setiap cerita Bang,,pasti ada yang namanye perusak suasana.

Tetiba Kendrik nongol. Di tangannya dia megang kotak kecil yang ada tombolnya siap dipencetnya.

“Daripada hidup di bawah rezim bajingan ini,,mendingan aku mati saja! Kubawa kalian ikut serta!!”

Tombol siap diteken,,dan cuman satu hal yang kepikiran sama Marikh dan Harum yang udah kehabisan tenaga.

“DOMBA!! GIGIT ORANG ITU!!!”

Maka dua ekor domba pun nongol dari belakang Kendrik,,tepat banget sebelum tuh jempol mijet tombol peledak. Domba satu gigit tangan,,domba lainnya gigit selangkangan (wadaaaw!!). Detonator bom lepas..

Lalu kedengeran bunyi JEDOR!,,tahunye dari arah samping ada Om-Om polisi ngelumpuhin kaki Kendrik pakai tembakan jitu.

“Bajingan lu,,THOMASS!!”

“Selamat nikmatin liburan di penjara,,Kendrik manis~”

Dan begitulah… misi kali ini berakhir. Domba milik keduanya udah ngembek kenceng….portal alam mimpi kebuka lagi,,nyuruh mereka pulang.

[ROUND 1 - BERES]


"ABUGET!!"



>Cerita sebelumnya : [PRELIM] 66 - HARUM KARTINI | PEREMPUAN JUGA BOLEH NGIMPI, BANG ...
>Cerita selanjutnya : -

18 komentar:

  1. Ane mulai curiga entry ini sengaja selalu pesen urutan paling terakhir.

    Yaaaay~!! Dan inilah entry unik dengan selogan khas betawinya. x'D

    Ane kira apa abuget dari awal. Oh, hadooken rupanya.
    Yang ane suka di sini adalah, unsur komedinya ga lepas dari narasinya yang unik.

    Tadinya mau ane kasih 8. Tapi rasanya banyak yang kurang dari prelim sebelumnya.
    Seperti banyak part yang menghilang. Tapi, ya.. ane masih enjoy entry ini. Lagian, hanya Kartini yg punya khas unik betawi dari semua peserta. Akaka~
    ---------------
    Rate: 7
    Ru Ashiata(N.V)

    BalasHapus
  2. Halo~ Halo~ (?)

    Halo. /udahtadi

    Sama kayak saya yang ngejadiin Marikh memihak kubu musuh, walau akhirnya mereka berdua damai, begitulah seharusnya sesama rapper. Narasinya keren, dan banyak yang berhasil bikin saya ketawa. Tapi, yang paling ngena adalah : “Anjiirr, KENDRIK! Berapa orang lagi mesti kau MAMPUSIN?!!”, dan “Buangsaaat!! KENDRIKK!” auto-ngakak. /slap
    Sfx-nya juga unik banget, hahaha xD - Intinya, secara keseluruhan menghibur.

    8/10

    OC : Takajow

    BalasHapus
  3. "Cia, cia, cia. Selangkangannya digigit domba. Huahahaha."
    -Marikh

    +PROS
    +Keren bang, Marikh tampil beda disini, tapi dalam arti baik ya. Ane sebenarnya mau bikin gitu, bikin dia lebih bijak gitu tapi malah jadinya kebanyakan ngebanyol huahahahaha.
    +Seno di charsheetnya setelah aye liat dia emang sok pahlawan. Walau saya bukan yang punya OC karakternya saya rasa udah pantes deh. Marikh ngomong Seno masih hijau di sini dan di entri saya, kebetulan :D
    +Battlenya Marikh dan Harum joss banget, hebat!

    -CONS
    -Sidya dan Roan kagak ikut, huhuhu.
    -Banyaknya koma yang menurut aye kagak perlu. Tapi di salah satu percakapan non-Harum ternyata nggak begitu, hm. Mungkin mau dibuat karakter penulisnya gitu ya *Think positive*
    -OC tamu pendalamannya kurang bang kayaknya.

    Skor 8 buat Harum yah, keren banget Marikh disini :D

    btw, si Don beneran nyerahin tahtanya ke Harum nih?

    TTD
    Dewa Arak Kolong Langit
    (Mampir dilapak ane gan)

    BalasHapus
  4. ini satu-satunya entri yang memberikan suasana berbeda di antara entri-entri lainnya. saya selalu saja membacanya dengan mengikuti logat narasinya. semacam otak saya langsung otomatis mengikuti buat menghayati ceritanya.

    ceritanya juga mudah diikuti dan ini oc tamunya juga ketularan pembawaan harum. tapi pertarungan yang seru di sini jadi berasa ringan dengan gaya narasi begini. semacan kaya ngedengir komentator sepak bola yang terus saja ngomongin kondisi lapangan yang seru tapi komentatornya orang betawi. tapi saya suka ini. berasa khas gitu. dan lokalnya kentara. 9 ^_^

    BalasHapus
  5. Hmm ... seperti biasa penarasiannya komedik. Tapi entah kenapa rasanya kurang menggigit dibanding prelimnya. Di awal" oke, tapi makin ke bawah makin kurang, entah kenapa TwT Kayak berasa agak dipaksakan. Dan well, tarungnya terkesan "gitu aja". Harum aja jatah tampilnya sedikit, IMO.

    Lalu, mmm, okelah ... saya gak peduli sama EBI karena erornya sendiri makin memperkuat kesan humor di entri ini, cuma bukan berarti ada tanda ,,, juga. Jujur aja agak ganggu, Bang. Terus saya juga ngeliat banyak typo (typo, lho, bukannya kata yg disengajain salah eja). Jadi gimana gitu ya ....

    Yah, dari alasan di atas saya titip 7 ke entri ini. Semangat buat Kartini~~

    -Sheraga Asher

    BalasHapus
  6. errr...

    kalo diibaratkan, entri mas mustofa kurang lepas aja gitu. gak kayak pas prelim maren yang bener-bener kocak abis. dan agak disayangkan kalo si kartini juga jarang nongolnya..

    semoga kartini bisa lolos ke r2

    7

    BalasHapus
  7. ==Riilme's POWER Scale==
    Plot points : C
    Overall character usage : C
    Writing techs : C
    Engaging battle : B
    Reading enjoyment : B

    Lel, saya ga nyangka bang Mus tau SAWO sama ngedot/ngehek

    >TIGA LOBANG,,TAPI CUMAN BOLEH MILIH SATU AJE
    JANGAN KEMARUK MASUKIN TIGA-TIGANYE
    Kok saya pengen ketawa ya liat subjudul ini. Saya juga seneng karena dari grup Harum cuma dia yang beda sendiri, ga ngambil setting dunia silat

    Ini Thomas sama Kendrik kenapa jadi ikut"an Betawi dah?

    Bagian Harum vs Marikh emang lumayan seru, tapi kalo ditilik secara keseluruhan kayaknya skala humor atau plotnya ga sebanding sama pendahulunya, jadi saya ngerasa ada kesan kurang lepas atau ketahan, ga full frontal di entri ini. Walau begitu saya masih enjoy bacanya karena jelas entri Harum udah punya warna sendiri yang ngebedain sama yang lain dan konsisten di tiap entrinya

    ==Final score: C (7)==
    OC : Iris Lemma

    BalasHapus
  8. “kesasar ke dunia laen/kesasar ke dalem gim”, macem “SAWO” atau “ngedot//ngehek” dimana si tokoh tuh kejebak di dunia laen,,dunia dalem gim

    Sepertinye ade kemungkinan engkong mustafa ini tau banyak tentang hal-hal jepang ye.

    Cara cerite engkong mustafa di sini kerasa banget diajak ngobrolnye soalnye disape ama sebutan "bang" bikin ajib dah nyangkut ke ceritanya. Cume ye due kome masih sering nyelip nyelip di ceritanye.

    Bujubuneng! Kungfu peremuk tulangnye chinmi ade dimari kayaknye marikh sempet berguru ke chinmi dulu ye ato sebenernye guru chinmi itu marikh! Adegan berkesannye ada pas ngelawan ntu orang deh, ajib trik buat ngalahinnye.

    Ga nyangke harum jadi ketua mafia kek di gokusen wow. Takajow juge rencanannye sekongkol ama harum ye. Pas denger judulnye ini cerite langsung kebayang gim ryu deh soalnye kedengerannye emang abuket ato abuget dah pas buat cerite dari tim berantem ini

    Jadi aye kasi nilai...

    7

    PUCUNG

    BalasHapus
  9. setuju sama komen2 di atas, kali ini entri harum kerasa ... kurang maksimal(?) dari prelimnya (yah, hal yang sama bisa dikatakan buat entri saya sih ;w;)

    disamping itu ceritanya tetep menghibur~ cuman intermezzo itu aja kerasa agak maksa buat eksposisi sekali brek gitu xD

    soal teknisnya masih pakai kome dobel2. gak terlalu ganggu sih kalau udah masuk dalam ceritanya.

    nilai: 7.5 = 8
    oc: castor flannel

    BalasHapus
  10. Yaaaay, entri terakhir sebagai penjaga deadliner~

    Narasi berlogat betawi khas engkong kumirun, bikin cerita ini punya warna tersendiri. Apa pula itu para mafia jadi ketularan ikut pake logat betawi, wkwkwk

    SAWO, NGEDOT//NGEHEK, wakakakakak! Si Engkong wibu juga ternyata. Itu Subaru nyungsep tanpa Rem gak dimasukin juga bang?

    Judul yang inuendo, sampe selangkangan dikunyah mbek, guyonannya segar, khas narasi yang menabrak EYD nan baku. Dasar si KENDRIK...

    Bak bik buk na ntap, tapi Harum kebagian spotlight lumayan dikit yaaaa. Tapi bagaimanapun juga, selamat karena dia menjadi ketua mafia
    :D

    Point : 7
    OC : Maria Venessa



    BalasHapus
  11. 'MbUUEEEEEKKKk' keinget sama morning sick-nya temen pas lagi hamil kwkwkw

    Kong, masih aja bikin ngakak yah~ xD

    -------------------------------------------
    Review mulai di sini
    ------------------------------

    RIP KBBI dan Tata Bahasa.

    Baca ini sama kayak waktu Umi dulu baca ceritanya si Engkong. Lupa bahwa ada teknologi bernama KBBI di Indonesia. Gimana coba Umi bisa inget? Ceritanya enjoyable gini xD wkwkwkw

    Walaupun enjoyable, bukan berarti langsung free dari error. Dua hal yang Umi sayangkan dari entry ini:
    - First thing first, Umi beberapa kali harus baca ulang beberapa part buat ngerti. Kayak Sawo sana ngedot.//ngeheck. wkwkwkwk tiga kali baca Umi baru paham maksudnya apa.
    - second thing, ituuuu abang atuuuuuhh komanya jangan kebanyakan gitu ngape?

    Tapi mempertahankan gaya narasi adalah salah satu ciri khas Bang Mus xD poit plus banget buat Umi. Apalagi narasinya mendukung cerita. Sungguh mengesankan :)

    ====================================

    Ending : nilai dari Umi 8 :D

    BalasHapus
  12. Hahahahaha narasinya bikin sekretaris yg dilempar dari lantai 30 malah jadi ngakak. Narasinya asik, ada beberapa typo (meski aku tahu nggak intensional), kayak flame - flam - flaem, anjir kayak evolusi pokemon hahahahah lucu.

    Dobel komanya nggak perlu, satu aja cukup. Itu agak sedikit ganggu, tapi masih minor kok.

    Contra-street fighter, ya ampun jadulnyaa..Tapi mention SAWO sama .ngehek, hahahaha nggak nyangka, tau judul itu juga.

    Plotnya ringan, tapi konfliknya juga nggak wow banget, nggak ada twist berarti, dan adegan klimaksnya lumayan sih. Cukup menghibur lah buatku.

    8/10
    ~FaNa

    BalasHapus
  13. wkwkwkwkw... fix si Harum bakalan jadi salah satu karakter fave saya, ceritanya ringan benget, tapi ini mah ringan banget crunchy2 kayak kerupuk fave gitu, hehehe. Donna Harum? Wah ini mah jebakan umur, jelasss...

    adegan paling fave saya adalah damainya Harum sama Mariks, yang nama sesama dunia persilatan itu gitu emang coy..! Mmebuat entry ini, meski ringan dan ditulis seolah-olah asbun, tetap punya 'makna'.Endingnya meski mengangetkan dan mendadak, masih cukup masuk akallah buat menutup konflik ini.

    Yang bikin saya keganggu cuma penggunaan tanda koma (,,,) yang overabused. Itu maksudnya buat titik atau apa?

    worth 9 sebenernya, tapi karena (,,,,) yang ngeganggu itu, minus 1 yah.

    8/10.
    Rakai A,
    OC Shade

    BalasHapus
  14. Tanpa mengurangi isi cerita utama yang mau disampaikan, cerita ini benar-benar belalang sambal dan banyol sekali. Saya demen, bang, sama ceritanya.

    Betawi khas yang jadi narasi juga masih ada dan tetep kentel. Kita kaya lagi ngobrol di parkiran depan angkringan, ngopi tawa-tiwi seneng-seneng. Intinya ini singkat, padat, dan bermanfaat. Keluhan saya hampir engga ada, etapi mungkin di misteri koma yang didobel aja, nitip penjelasan. Oke, saya subscribe ya bang cerita mpoknya. Kamehameha! 8/10

    Oc: Namol Nihilo

    BalasHapus
  15. Koclok, eh, kocak bang maksud aye.

    Gaya tulisan abang tuh ga bikin mata aye soak, menghibur banget namun berisi banget. Aye curiga, jangan-jangan abang wibu juge ye? Wkwkwk, banyak istilah jejepangan yang bahkan aye belom tau itu apaan. Nih cerita keliatan kayak asal-asalan bang, tapi di balik itu aye sadar kalo cerita ini bermakna dalem.

    Still, gak semaksimal yang kemaren bang

    8
    Jess Hutcherson

    BalasHapus
  16. >Tapi yah nih Bang,,kejebak di dunia dalem gim itu cerita turnamen taun lalu. Kalo sekarang,,ceritanye beda lagi.

    GUSTIIII WKWKWKWKWKWKWK

    Soal teknis saya gak bakal komen deh, soalnya emang niatnya sengaja gendeng-gendengan.

    Plotnya kalau menurut saya biasa-biasa aja. Tapi cara penyampaian plot dan adegan-adegan yang disajikan asli menghibur dan segar.

    Cara mendapatkan inspirasinya juga cukup berkesan kalau menurut saya, kenangan masa kecil :'D

    Nilai 9 dari saya, karena sukses bikin ketawa lepas.

    Salam Sejahtera dari Enryuumaru dan Mbah Amut.

    #FullComment

    BalasHapus
  17. Wah, kayanya saya terakhir baca entry sampean waktu Kumirun dulu. Ini baru pertama kali sepertinya saya lihat sampean ngehandle karakter lain, wwww. Rasanya malah bikin ngernyit juga baca dialog baku normal di tengah narasi khas.

    Gaya narasi ini sebenarnya kurang cocok buat saya, jadinya sulit untuk merasa tertarik dengan adegan aksi yang disajikan. Tapi saya tetap bisa menangkap adegannya dengan baik.

    Nilai yang saya pikirkan pertama adalah 7.5. Saya cenderung pingin ngeliat kiprah Harum di level yang lebih tinggi, jadi saya genapkan 8.

    Plis jangan eliminated duluan karena ngga komen, wwwww

    Fahrul Razi
    Anita Mardiani

    BalasHapus
  18. (Liat komentar bang king)
    Oh ini auth nya kumirun? Pantes aja komedi nya khas dan benar benar berhasil bikin saya ngakak :D

    Entahlah saya ga begitu memperhatikan alur dan sebagainya, yang jelas humor dari entri ini sangat menonjol :D

    Dari mulai parodi hingga.... errr... sub judul tiga lobang itu bener bener berbekas dan memuaskan xD

    Nilai 8

    Wasalam
    Ganzo Rashura

    BalasHapus

Selamat mengapresiasi~

Tuliskan komentar berupa kesan-kesan, kritik, ataupun saran untuk entri ini. Jangan lupa berikan nilai 1 s.d. 10 sesuai dengan bagus tidaknya entri ini berdasarkan ulasan kalian. Nilai harus bulat, tidak boleh angka desimal. Perlu diingat, ulasan kalian harus menunjukkan kalau kalian benar-benar membaca entri tersebut, bukan sekadar asal komen. Admin berhak menganulir jika merasa komentar kalian menyalahi aturan.

PENTING: Saling mengkritik sangat dianjurkan tapi harus dengan itikad baik. Bukan untuk menjatuhkan peserta lain.